oleh

Kanopi Anggur Bikin Kantor Kelurahan Pamulang Barat Terlihat Asri

Kabar6-Lurah Pamulang Barat, Rahmat Hidayat, menyulap halaman kantornya dengan tampilan beda. Nuansa asri terlihat pengguna jalan yang melintasi Jalan Raya Setia Budi, dan atau Jalan Surya Kencana, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan.

Banyak aneka jenis tanaman hias berada di sekitar area luar kantor kelurahan. Ada satu pohon yang paling mencolok, yakni kanopi anggur. “Biar keliatan jadi teduh dan sejuk,” kata Rahmat, Jum’at (29/4/2022).

Bangunan besi baja ringan berbentuk pondokan itu bagian kanopi atasnya ditanami bibit anggur. Hamparan dedaunan hijau menjuntai membuat lingkungan sekitar terlihat lebih asri.

Rendy Syahputra, dari Komunitas Anggur Tangsel, pegarap kanopi anggur di kantor Kelurahan Pamulang Barat. Ia pakai teknik top working dan grafiting dalam menanam pohon anggur.

“Anggur ini selain bisa buahnya bisa dikonsumsi juga daun-daunnya bisa bermanfaat sebagai peneduh,” ujar Payung, sapaan akrabnya.

Menurutnya, secara kapasitas potensi anggota komunitas asal Tangsel tidak kalah dengan daerah atau negara lainnya. Adanya komunitas selain menambah ilmu dengan pehobi bisa juga menjadi salah satu mata pencarian yang memang fokus dari perputaran ekonomi penangkaran bibit anggur.

Di dunia varian anggur yang beredar ada 700 macam. Sedangkan di Indonesia sekitar 300 varian anggur. Sebut saja seperti varietas anggur Julian, Black Panther, Ninel, Jupiter dan lain sebagainya.

**Baca juga: Jelang Lebaran, Tujuan Idola Penumpang KRL Commuter ke Tanah Abang

“Ini juga mendorong dan sebagai implementasi visi misi wali kota menjadikan Tangsel lebih asri,” ujar Payung.

Jadi pohon indukan sudah besar disambungkan dengan varian impor. Nanti menjalar seperti pohon induk sebelumnya hanya bentuk, warna dan rasanya menarik. Rasanya manis. Warnanya hijau, ungu, kuning dan lain sebagainya.(yud)