oleh

Kangkung Gurih Khas Lombok

ilustrasi bbsKabar6-Hidangan kangkung yang satu ini selalu bikin ketagihan siapa saja yang mencobanya. Pelecing kangkung namanya, adalah salah satu menu makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang menjadi menu sehari-hari suku Sasak di sana. Dalam setiap acara apa pun, pelecing kangkung selalu dapat dijumpai.

Pelecing merupakan menu makanan turun-temurun sejak zaman nenek moyang. Kangkung Lombok memiliki memang berbeda dengan daerah lain karena memiliki rasa renyah dan gurih, lebih segar, lebih hijau serta batangnya lebih besar. Tekstur kangkung Lombok lembut sehingga tidak terasa alot walaupun kita makan hingga ke batangnya.

Pelecing dilengkapi taoge, kacang serta sambal nyiuh yaitu kelapa yang dibakar terlebih dulu kemudian diparut/dioseng agar tahan beberapa jam. Sementara sambal pelecing dibuat dari bahan terasi bakar, cabe, tomat, sedikit garam dan disiram air jeruk limau. Kelezatan plecing salah satunya karena memakai terasi Lengkare yang rasanya lebih gurih dan manis.

Saat menikmati pelecing kangkung, Anda pun harus rela sering-sering mengelap wajah akibat berkeringat, lantaran hidangan ini memiliki rasa yang cukup pedas. Meskipun demikian, pelecing selalu mengundang selera dan membuat nafsu makan bertambah. Jadi, jangan lupa siapkan tisu atau sapu tangan sebelum melahap pelecing kangkung ya.(bbs)

Berita Terbaru