oleh

Kampung Jawara di Tangsel Disebut Contoh se-Indonesia

Kabar6-Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana menerangkan, Kampung Jawara di Marga Jaya, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) merupakan salah satu lokasi yang selama ini menjadi yang ditunjuk oleh Mabes Polri.

Mewakili daerah sebagai sampel atau percontohan yang nanti mungkin akan diikuti oleh Polda-polda yang lain.

“Nah Kampung Jawara ini memang terkandung maksud disitu tujuan yang jelas jadi untuk membuat lingkungan-lingkungan kita baik itu kebiasaan ataupun budaya, menjadikan masyarakat di kampung itu menjadi tangguh dalam melawan pandemi Covid-19,” ujarnya di lokasi peresmian, Kamis (9/7/2020).

Nana menjelaskan, tujuan dari diadakannya kampung ini adalah agar zona yang sebelumnya merah bisa menjadi oranye. Kemudian yang oranye bisa menjadi kuning, dan yang kuning bisa menjadi hijau.

“Yang sudah hijau kita pertahankan. Ini dalam upaya terkait dalam percepatan penanganan Covid-19, kita tahu sampai saat ini belum ditemukan vaksin, makannya kita harus berinovasi dan harus memaksimalkan,” jelasnya.

Menurut Nana, ini adalah sebuah solusi, dimana masyarakat dengan kampung Jawara diharapkannya bisa meminimalisir penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Di setiap kampung ini kan ada struktur organisasi, nanti setiap itu ketuanya adalah pak lurah, wakilnya babinsa dan bhabinkabtimas. Kemudian itu ada seksi-seksi, ada seksi kesehatan, ekonomi, keamanan, edukasi, demokrasi ada sekitar 6 seksi di setiap kampung,” paparnya.

Nana melanjutkan, kampung ini dimaksudkan untuk dari masyarakat untuk masyaraka. Intinya bagaimana masyarakat itu jadi masyarakat yang sehat, tangguh dan mampu untuk mencegah jangan sampai kampung tersebut kemudian terkena wabah ataupun pandemi Covid-19.

Nana melihat beberapa kegiatan di kampung sudah cukup, dengan adanya ruang isolasi. Kemudian posko, kemudian juga dibuat satu pintu (one gate system).

**Baca juga: Pilkada Tangsel 2020, PDIP dan Gerindra Usung Muhamad-Rahayu.

Kemudian, Nana menerangkan, setiap masyarakat yang akan masuk selalu diberikan 3M yaitu masyarakat yang hadir untuk mengecek suhu tubuh, kemudian memakai masker dan mencuci tangan.

“Itu yang saya lihat untuk kampung Marga Jaya ini akan kita jadikan sebagai contoh bagi yang lain, dan rencananya kedepan ini akan terus dikembangkan di setiap kampun harus ada kampung Jawara, dalam rangka ini adalah solusi untuk percepatan kita dalam penanganan penyebaran Covid-19 ini,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru