Kampanyekan Kebersihan, Airin Munculkan Tokoh Kartun Pelitas

Airin saat memperkenalkan tokoh kartun Pelitas di kawasan Serpong.(yud)

Kabar6-Sosok tokoh kartun bernama Pelitas (Pelindung Lingkungan Tangerang Selatan) belakangan sering ditampilkan oleh Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) setempat.

Pahlawan super yang lazim muncul dalam cerita anak-anak itu, sengaja diciptakan untuk membantu masalah sampah perkotaan.

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany mengatakan, penciptaan tokoh kartun Pelitas diusung menjadi maskot. Tetapi kehadirannya jangan hanya sekedar maskot, tapi mesti ada tujuan strategis.

“Saya dorong agar dari tokoh kartun Pelitas ini DKPP bisa membuatkan komik,” katanya kepada kabar6.com ditemui di salah satu industri kuliner di Kecamatan Serpong, Jum’at (19/3/2015).

Menurut Airin, obyek sasaran dari hadirnya tokoh kartun Pelitas itu yakni kalangan anak-anak. Cerita yang nantinya dituangkan ke dalam bentuk komik yakni sikap dan prilaku menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

Media komunikasi lewat cerita komik tersebut, lanjutnya, jadi sarana edukasi bagi kalangan anak-anak. Misalnya, bahwa membuang sampah sembarang merupakan tindakan tidak terpuji. Menjaga kelestarian ekosistem lingkungan sekitar bermanfaat untuk jangka panjang. **Baca juga: Dari Ponpes Sampai Pejabat Kena, PBMA Serukan Waspada Narkoba.

“Pola prilaku menjaga kebersihan harus diajarkan kepada anak-anak,” terang Airin. Ia mengakui, bila kalangan dewasa sudah sulit dibentuk pola prilakunya. **Baca juga: Satpol PP Jangan Tunggu Perintah Jaga Pasar Serpong.

Airin tambahkan, dirinya ingin menggandeng komunitas-komunitas muda kreatif yang ada di Kota Tangsel. Komunitas itu diajak bisa berpartisipasi membuat komik anak cerita beragam. Tanpa menghilangkan skenario awalnya. **Baca juga: Tahun Ini Dua Kawasan Bisnis Mesum di Tangsel Dibongkar.

“Nantinya komik-komik yang bercerita tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan disebar ke perpustakaan di sekolah ataupun mobil perpustakaan keliling dan komunitas gemar membaca,” tambahnya.(yud)