oleh

Kampanye Seks yang Aman ‘Lahirkan’ Gaun dari Kondom

Detail dari samping gaun kondom yang dijual di mal(Cosmopolitan)
Detail dari samping gaun kondom yang dijual di mal(Cosmopolitan)

Kabar6-Gaun yang biasanya terbuat dari bahan sutra, katun, atau sejenisnya ternyata bisa juga berasal dari material di luar kain yang tak terduga, seperti misalnya kondom.

Rupanya, dalam rangka memberi penyuluhan mengenai bahaya seks tanpa kondom bagi remaja, sebuah proyek mengenai kesehatan mencoba menarik atensi para remaja dengan memamerkan koleksi gaun prom (semacam acara kelulusan siswa) yang terbuat dari kondom, di dalam toko di mal lokal di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat.

Kondom aneka warna.(Daily Mail)
Kondom aneka warna.(Daily Mail)

Pameran tersebut, dikutip Wolipop, diadakan oleh Adolescent Health Project & the Women’s Fund. Tiap gaun yang dipamerkan hadir tanpa tag harga, namun bertuliskan pesan dalam label, “Yang aman selalu dalam gaya. Menghindari penyakit menular seksual dan kehamilan yang tidak diinginkan.”

“Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk menjangkau para remaja dan orangtuanya dengan cara tak terduga sebelum prom dan memberi pesan untuk berpikir dua kali sebelum seks yang tak aman, karena dapat menyebabkan beberapa risiko kesehatan atau bahkan bayi,” ujar Gary Mueller, Creative Director SERVE, perusahaan non-profit untuk kampanye ini.

Walau menampilkan gaun-gaun prom, namun kampanye ini tak hanya berlaku bagi mereka yang akan lulus sekolah, tapi juga semua remaja yang ada di Omaha. Tiap minggunya, kreasi baru gaun dengan kondom pun akan ditampilkan di lokasi, dengan tema yang berbeda termasuk variasi warna.

Proyek ini dimulai setelah seorang seniman asal Brazil, Adriana Bertini, memamerkan rangkaian gaun yang disebutnya ‘Condom Couture’ di ajang konferensi International AIDS di Melbourne. Gaun tersebut pun juga akan dipamerkan di toko Cinderella’s Formal Dress Rental di Crossroads Mall. ** Baca juga: Intip Fakta Mencengangkan Tentang Kondom Zaman Dulu

Kampanye yang kreatif namun tepat sasaran.(ilj/bbs)

Berita Terbaru