oleh

Kalah di Pilkades, 5 Calkades Geruduk Kantor Kecamatan Balaraja

Kabar6-Protes atas hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang digelar serentak di Kabupaten Tangerang, kiranya masih belum reda.

Hari ini, Kamis (4/7/2015), giliran lima Calon Kepala Desa (Calkades) Cangkudu, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, mendatatangi Kantor Kecamatan Balaraja.

Ke lima Calkades datang beserta massa pendukungnya guna menyuarakan tuntutan dilakukannya penghitungan ulang atas hasil Pilkades Cangkudu.

Massa pendukung calkades mengklaim, bahwa banyak kejanggalan dalam proses penghitungan suara Pilkades yang telah digelar.

Salah satu kejanggalan dimaksud adalah, adanya perbedaan antara Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan jumlah hasil penghitungan suara.

“Dalam buku hadir, tercatat jumlah DPT yang hadir ke TPS sebanyak 7.826 orang. Sementara, dari hasil penghitungan suara hanya 7.805 suara. Artinya, ada selisih 21 suara,” ujar Hasan Basri, salah seorang Calkades yang protes.

Ya, di Desa Cangkudu sendiri, Pilkades yang digelar Minggu (30/6/2013) lalu itu, melibatkan 6 Calkades yang ikut bertarung dalam Pilkades.

Keenam Calkades tersebut adalah, Amir Hamzah (nomor urut 1), Kardi Santoso (nomor urut 2), Hasan Basri (nomor urut 3), Hj Neng Ida Juraida (nomor urut 4), Jaya Rahmat (nomor urut 5), dan Abdullah (nomor urut 6).

Dari hasil penghitungan suara, Calkades Amir Hamzah dengan nomor urut 1 berhasil mendulang suara terbanyak. Dan, hasil penghitungan suara tersebut yang diprotes oleh 5 Calkades lainnya.

Ke 5 Calkades yang protes saat ini tengah melakukan perundingan dengan pihak Badan Perwakilan Desa (BPD) Cangkudu, Camat Balaraja serta Panitia Pemilihan Kepala Desa Cangkudu.(mer)

Berita Terbaru