oleh

Kajati Banten Dampingi Maruf Amin di Haul ke 128 Syekh Nawawi Al-Bantani

Kabar6-Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Banten Asep N. Mulyana, mengaku sangat mengagumi sosok Syekh Muhammad Nawawi Al-Jawi Al-Bantani atau Syekh Nawawi Al-Bantani.

Syekh Nawawi Al- Bantani, merupakan ulama besar asal Tanara Banten yang dikenal memiliki karya- karya cukup kesohor di dunia Islam.

“Banyak pemikiran dan hasil karya Syekh Nawawi yang menjadi rujukan utama berbagai pesantren di tanah air, bahkan luar negeri, dari dahulu hingga masa kini,” ungkap Kajati Asep, kepada awak media, saat mendampingi Wakil Presiden KH. Maruf Amin dalam acara haul ke-128 Syekh Nawawi Al-Bantani yang digelar di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Serang- Banten, pada Jumat, 11/6/2021) kemarin.

Menurutnya, Syekh Nawawi Albantani adalah seorang ulama dan intelektual yang sangat produktif menulis kitab, dimana jumlah karyanya tidak kurang dari 115 kitab yang meliputi bidang Ilmu Fiqih, Tauhid, Tasyawuf, Tafsir dan Hadist.

Imam Besar Masjidil Haram yang wafat pada 1314 H/1897 di Tanah Suci Mekkah tersebut, kata dia, telah banyak berkontribusi dalam menyebarkan syiar Islam yang berbasis ukhuwah dan rahmatan lil alamin

“Ini merupakan bentuk penghormatan Kajati terhadap ulama yang telah banyak memajukan kualitas sumber daya umat dan senantiasa menyebarkan syiar Islam yang berbasis ukhuwah dan rahmatan lil alamin,” ucapnya.

Asep menambahkan, pihaknya secara khusus mengajak seluruh generasi milenial agar bisa mengikuti serta meneladani sifat dan akhlak baik yang melekat dalam diri ulama masyhur yang memiliki banyak karomah, diantaranya mengarang kitab dengan menggunakan telunjuknya sebagai lampu dan mampu melihat Ka’bah dari tempat lain dengan jarak jauh.

“Sebagai generasi muda muslim, tentu kita tidak hanya mencontoh keteladanan dan ketekunan Syekh Nawawi, melainkan juga berupaya untuk mengadopsi berbagai pemikiran positifnya yang relevan demgan situasi kekinian dalam rangka pembangunan karakter bangsa dan peningkatan kualitas umat secara keseluruhan,” ujarnya.

**Baca juga: Dugaan Investasi Bodong Dilaporkan ke Polda Banten

Diinformasikan, jamaah yang hadir pada kegiatan haul tersebut dibatasi hanya sebanyak 50 orang. Selebihnya, ratusan jamaah lainnya mengikuti acara secara online ditempat masing- masing.

Haul Syekh Nawawi Al-Bantani di lingkungan Ponpes An-Nawawi Tanara ini memang sudah menjadi agenda rutin tahunan. Tradisi ini dilaksanakan untuk memperingati sosok ulama Banten kharismatik tersebut.(CR/Tim K6)

Berita Terbaru