oleh

KAI Bongkar Paksa “Bangli” Pinggir Rel

Kabar6-PT. Kereta Api Indonesia (KAI) membongkar paksa bangunan dan lapak liar yang menempati lahan di sepanjang pinggir jalur kereta api Tangerang-Jakarta.

Pembongkaran yang dilakukan di sekitar Stasiun Poris Pelawad, Kota Tangerang, Kamis (10/1/2013), dimaksudkan untuk mengembalikan fungsi lahan dan keamanan serta kenyamanan masyarakat sendiri.

Kepala Stasiun Poris Pelawad, M. Nurdin, mengatakan upaya pembersihan jalur kereta dari bangunan dan lapak liar, juga dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan PT. KAI kepada pengguna jasa dan sebagai rintisan jalur kereta api Tangerang-Bandara Soekarno Hatta.

Pembongkaran berjalan lancar, bahkan warga pemilik bangunan dan lapak memindahkan barangnya masing-masing, karena mereka menyadari bangunan tersebut berdiri di atas lahan milik PT. KAI. Namun, menurut sejumlah warga mereka bisa mendirikan bangunan di lokasi tersebut, karena membayar sejumlah uang kepada oknum tertentu.

Salah seorang warga, Shohib misalnya, sudah mendiami lokasi tersebut selama belasan tahun dan setiap bulannya ia membayar sewa lahan sebesar Rp300 ribu. Namun, ia tidak menjelaskan secara rinci siapa pihak yang menerima uang sewa tersebut. Yang pasti, Shohib harus angkat kaki tanpa ada ganti rugi.

Menurut rencana, PT. KAI akan membuat lahan di sepanjang tepi jalur kereta api untuk taman dan area parkir. Sebab, menurut perkiraan, jumlah penumpang akan mengalami peningkatan pada waktu mendatang.(rani)

 

Berita Terbaru