oleh

KAHMI Selenggarakan Sekolah Pemilu di Lebak

Kabar6-Selama tiga bulan mulai dari tanggal 12 Juni sampai 28 Agustus 2021, Sekolah Pemilu diselenggarakan di Kabupaten Lebak.

Bertujuan mewujudkan demokrasi cerdas untuk Pemilu berintegritas, Sekolah Pemilu diinisasi Majelis Daerah (MD) Korps Alumni HMI (KAHMI) Kabupaten Lebak, anggota KPU Banten Agus Sutisna dan anggota Bawaslu Banten Ali Faisal.

“Dilaksanakan selama tiga bulan. Ada 12 pertemuan yang diikuti para siswa dalam setiap minggunya. Mereka akan menerima pengetahuan tentang Pemilu dari pakar yang disiapkan,” kata Kepala Sekolah Pemilu MD Kahmi Lebak Mastur Huda, Minggu (13/6/2021)

Beberapa materi yang disampaikan di Sekolah Pemilu di antaranya mengenai demokrasi, sejarah Pemilu, sistem kepartaian, sistem Pemilu, sengketa hasil Pemilu, hingga politik afirmasi perempuan.

“Ini diharapkan meningkatkan kualitas peserta didik dalam persoalan kepemiluan. Sehingga, mereka bisa menjadi agen untuk peningkatan kesadaran masyarakat dalam berdemokrasi,” terang Mastur.

“Kami ingin berkontribusi terhadap pembangunan demokrasi. Mudah-mudahan, ikhtiar ini dilancarkan dan para siswa mendapatkan manfaat dari kegiatan Sekolah Pemilu,” tambahnya.

**Baca juga: Polres Lebak Jaring 20 Orang Diduga Preman

Sekjen Majelis Nasional KAHMI Manimbang Kahariady meyakini, Sekolah Pemilu dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan demokrasi di Indonesia.

“Ini inovasi luar biasa dari rekan-rekan KAHMI Lebak. Saya ingin, di daerah lain juga dilakukan sehingga demokrasi substansial dapat direalisasikan di negeri ini,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru