oleh

Kahiyang Putri Jokowi ke Tangsel ‘Nenteng’ 4 Dus Kue Khas Medan

Kabar6-Suasana di kantor pusat pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendadak ramai. Aparat TN/Polri berpakaian dinas serta sipil maupun personel Satpol PP dan Dalops dinas perhubungan setempat terlihat dalam posisi siaga berpencar.

Kondisi di atas bukan karena terjadi aksi unjuk rasa massa. Melainkan ada Kahiyang Ayu, putri semata wayang dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi yang sedang melakukan kegiatan kunjungan kerja ke Kota Tangsel.

“Suatu kehormatan bagi kami di Tangerang Selatan, dikunjungi oleh Tim Penggerak PKK Kota Medan,” kata Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie di Jalan Raya Maruga Nomor 1, Serua, Kecamatan Ciputat, Selasa (9/8/2022).

Diketahui, Kahiyang Ayu merupakan istri Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Otomatis anak kedua pasangan Jokowi – Iriana itu menjabat sebagai ketua Tim Penggerak PKK di daerah berjuluk ‘Paris Van Sumatera’ tersebut.

Benyamin jelaskan, Tim Penggerak PKK Kota Medan ingin belajar mengembangkan organisasi kemasyarakatan ini mirip dengan Kota Tangsel. Alasannya karena di daerah pemekaran dari Kabupaten Tangerang tercatat telah menghasilkan prestasi tingkat nasional.

Mulai dari Pakarti Utama II UP2K 2017 yang diraih Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu. Kemudian juga penghargaan Pakarti Utama II UP2K 2018 yang berhasil ditorehkan Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur.

“Banyak hal kami diskusi, terutama soal produk-produk UMKM warga Tangerang Selatan. Mulai dari makanan, pakaian, air, handicraft dan lain sebagainya,” terang Benyamin.

Terpisah di lokasi yang sama, Ketua TP PKK Kota Tangsel, Tini Indrayanthi menyampaikan organisasi mitra kerja pemerintah ini akan terus mencoba berkontribusi. Sesuai tujuan mendasarnya yakni membangun kesejahteraan mulai dari skala keluarga.

“Kami punya koperasi yang diberi nama PKK Mart. Ini sebagai tempat untuk memperkenalkan dan menjual produk produk UMKM yang meningkatkan pendapatan keluarga,” terangnya.

Kahiyang tampak tidak terlalu banyak ekspresi. Ia seperti sedang mabuk perjalanan udara usai terbang dari Bandara Kualanamu dan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Maklum, apalagi janin yang kini dalam kandungannya sudah memasuki usia delapan bulan. Di penghujung acara, kedua belah pihak saling memberikan cindera mata dan oleh-oleh.

Kahiyang secara simbolis menyerahkan empat dus kue bika ambon Zulaikha. Bika ambon diterima oleh Tini Indrayanthi. Aneka rasa panganan tenar khas Kota Medan itu dikemas dalam kardus ukuran besar.

“Ya ampun, banyak sekali. Terima kasih oleh-oleh dari Mbak Kahiyang,” ujar Tini disambut senyum kompak para hadirin lainnya. Kahiyang lantas pamit pulang.

**Baca juga: Jelang Pemilu 2024 KPU Galang Advokasi ke Kejari Tangsel

Wanita kelahiran Surakarta, 20 April 1991 itu dikawal dua orang personel Paspampres dan petugas protokoler Pemerintah Kota Medan. Sementara puluhan ibu-ibu PKK dari dua daerah yang kompak mengenakan seragam kemeja batik tetap asik melanjutkan sesi foto-foto bareng.

Tak berselang lama satu unit bus ukuran jumbo yang mengangkut rombongan ibu-ibu PKK Kota Medan melaju pergi. Acara mereka selanjutnya menuju The Flavour Bliss, pusat kuliner di kawasan Alam Sutera, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel, untuk makan siang.(yud)