oleh

Kafein Tingkatkan Kemampuan Memori Tertentu Hingga 24 Jam

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Jika Anda pencinta kopi, ada satu kabar menarik. Sebuah studi mengindikasikan bahwa kafein memiliki manfaat lebih bagi memori Anda. Para peneliti dari Johns Hopkins University mencoba melihat dampak kafein pada memori, dengan mengesampingkan dampak lainnya pada otak.

Hasilnya, dikutip dari Pesona, kafein meningkatkan kemampuan memori tertentu hingga selama 24 jam setelah dikonsumsi. Penelitian yang dipimpin Michael Yassa, asisten profesor neurobiologi dari University of California, mengikutsertakan 100 partisipan yang merupakan peminum kopi wajar (bukan peminum kopi, teh maupun kola yang berat).

Konten kafein dalam kopi sangat bervariasi. Rata-rata kandungan kafein dalam satu cangkir kopi adalah 160 mg. Sementara, untuk meningkatkan kemampuan memori dibutuhkan sekitar 200 mg.

Sebagian partisipan diberikan kafein lebih dari 200 mg, sementara sisanya tidak. Selanjutnya, mereka diminta untuk memerhatikan gambar-gambar. Dua puluh empat jam setelah kafein keluar dari tubuh, mereka diminta mengenali kembali gambar-gambar tersebut, yang telah dicampur dengan gambar-gambar baru.

Hasilnya, partisipan yang mengonsumsi kafein 200 mg dapat mengingat lebih baik gambar-gambar yang diberikan. Bagaimanapun, kemampuan memori itu tidak muncul jika seseorang diberikan kafein dengan dosis di bawah 200 mg, atau diberikan satu jam sebelumnya. ** Baca juga: Apa Alasan Makanan Asin Lebih Disukai Ketimbang Manis?

Namun diungkapkan Yassa, studi tersebut belum benar-benar membuktikan bahwa kafein dapat meningkatkan kapasitas memori. Menurutnya, riset lebih jauh dibutuhkan untuk memastikan hal tersebut, serta untuk meneliti potensi manfaat kafein terhadap penyakit seperti Alzheimer.(ilj/bbs)

Berita Terbaru