oleh

Kabupaten Tangerang Bangun 4.200 Ruang Kelas Sampai 2018

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mencanangkan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan diwilayahnya hingga tahun 2018.

Tak tanggung-tanggung, dalam kurun waktu 5 tahun kedepan, pemkab menargetkan bakal sanggup pembangunan sebanyak 4.200 ruang kelas pada ratusan sekolah yang tersebar diwilayah tersebut.

Demikian dikatakan Kasubag Perencanaan Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Tangerang, Taufik, Kamis (19/9/2013).

Dari total ruang kelas yang akan dibangun tersebut, terdiri dari 3.600 ruang kelas untuk SD dan SMP. Sedangkan 600 ruang kelas lainnya untuk SMA dan SMK.

“Sebagian besar ruang kelas di tingkat SD sampai SMA di Kabupaten Tangerang membutuhkan rehab dan penyediaan ruang kelas baru, termasuk fasilita penunjang lain,” ujar Taufik.

Pembiayaan pembangunan ribuan ruang kelas baru tersebut, lanjut Taufik, selain menggunakan dana dari APBD juga akan dikafer dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari APBN.

Sedangkan total biaya yang dibutuhkan untuk membangun 4.200 ruang kelas dalam kurun waktu lima tahun itu mencapai hingga lima ratus milliar. “Pembangunan akan kita mulai Oktober tahun ini,” ujarnya.

Untuk tahap awal, lanjut Taufik, pembangunan akan dilakukan terhadap 500 ruang kelas dan laboratorium baru dan rehab, dari SD sampai SMA/SMK dengan biaya kurang lebih Rp. 104 milliar.

“Dana itu berasal dari APBN sebesar Rp. 94 milliar dan dari APBD 10 persennya atau sebesar 9,4 milliar,” kata Taufik lagi.(rah)

Berita Terbaru