oleh

Kabupaten Lebak Usulkan Konsep Geopark ke Kementerian Maritim

Kabar6- Pemerintah Kabupaten Lebak segera menyerahkan usulan konsep Geopark ke Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Hal itu setelah proses pengkajian selesai dilakukan.

“Kemarin baru selesai kajiannya jadi minggu ini kami usulkan ke Kementerian Maritim,” kata Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya kepada wartawan, di pendopo bupati, Jum’at (1/2/2020).

Konsep Geopark menjadi sering dilontarkan Iti Octavia Jayabaya pasca terjadinya banjir bandang dan longsor yang melanda 6 kecamatan pada 1 Januari 2020 lalu.

Setelah diusulkan, Pemkab Lebak akan mensosialisasikan konsep Geopark ke masyarakat agar seluruh stakeholder bisa saling mendukung. Ada 11 kecamatan salah satunya Lebakgedong yang ditunjuk untuk mewujudkan konsep tersebut.

“Karena sekarang visinya pariwisata salah satunya menjadi suatu keharusan mewujudkan Geopark dengan ekowisatanya. Di situ ada pemberdayaan masyarakat melalui holtikultura, vegetasi akan kami tanam,” terang Iti.

**Baca juga: Bupati Lebak Minta Diskresi Soal Pembayaran Lahan Waduk Karian.

Difasilitasi Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Pemkab Lebak ujar Iti, sudah menjalin komunikasi kerja sama dengan Sido Muncul, agar masyarakat yang berada di tegakan-tegakan tinggi bisa tetap mendapat penghasilan.

“Dengan menanam Kapulaga yang langsung diserap oleh Sido Muncul dan lain-lain. Ini salah satu upaya kami memulihkan lahan dan ekonomi masyarakat ke depan,” jelasnya.(Nda)

Berita Terbaru