oleh

Kabar Buruk, Belanja Online Bikin Tubuh Melar

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Zaman sekarang ada istilah ‘tinggal klik, maka barang pun sampai di tempat Anda’. Ya, Anda terutama kaum hawa saat ini memang dimanjakan oleh kemudahan belanja lewat internet atau lebih dikenal dengan istilah online shop.

Selain tidak perlu repot dapat ke toko, Anda juga bisa menghemat waktu karena cukup menunggu kedatangan barang di rumah.

Namun tahukah Anda, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa belanja online bisa membuat tubuh menjadi gemuk? Dikutip Sindonews, Allan Borushek  yang merupakan pakar nutrisi dari Australia, menjelaskan bahwa sebagian besar orang kerap keliru memilih belanjaan, khususnya saat membeli makanan, minuman atau camilan lainnya.

Saat berbelanja langsung di toko, dilansir Daily Mail, Anda bisa memilih produk berdasarkan kandungan nutrisinya. Sayangnya, hal itu tidak berlaku untuk belanja online.

Ketika Anda berbelanja online, kandungan nutrisi umumnya tidak dicantumkan secara jelas. Akibatnya, makanan yang dipilih pun hanya memiliki kandungan nutrisi yang sedikit.

“Dengan begitu ada kemungkinan Anda akan memilih produk makanan yang kandungan nutrisinya mungkin sedikit. Anda tak bisa mengecek kadar gula, garam dan karbohidrat pada masing-masing produk,” papar Borushek.

Prof Dame Sally Davies, pakar kesehatan, mengungkapkan bahwa belanja online membuat seseorang tidak bergerak aktif. Tentu saja karena Anda hanya duduk, memesan melalui gadget dan menunggu kiriman belanja datang. Sebaliknya saat berbelanja langsung, Anda bisa berjalan sambil mendorong  trolley.

Berbelanja langsung di toko membuat Anda bergerak secara aktif. Kondisi ini juga didukung dengan membawa kantong belanjaan sendiri yang dinilai para ahli sama seperti kegiatan berolahraga.

“Perubahan kecil seperti mau bergerak dengan pergi berbelanja sendiri mungkin terlihat sepele, namun kebiasaan ini lebih dianjurkan dibandingkan jika Anda hanya duduk saja,” kata Prof Davies. ** Baca juga: Gunakan Tusuk Gigi Terlalu Sering Tidak Disarankan

Nah, bagi para penggila belanja online, Anda pun harus mengimbanginya dengan olahraga teratur agar tubuh tetap aktif dan tidak melar.(ilj/bbs)

Berita Terbaru