oleh

Jumlah Sekolah di Pandeglang Tidak Seimbang

Kabar6-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pandeglang mengakui, jika angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Pandeglang masih rendah.

Tercatat, saat ini lama sekolah di Pandeglang hanya di kisaran angka enam sampai tujuh tahun. Padahal, sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Banten, mayoritas angka lama sekolahnya telah di atas angka tujuh tahun.

“Rendahnya angka lama sekolah dilatarbelakangi sarana pendidikan yang masih minim. Banyak siswa yang tidak tertampung pada jenjang yang lebih tinggi,” ujar Kepala Dindikbud Kabupaten Pandeglang, Mohammad Amri, Selasa (17/11/2015).

Jumlah Sekolah Dasar di Pandeglang, tidak sebanding dengan jumlah SMP, SMA dan SMK. Di mana jumlah SD di Pandeglang mencapai 1039 sekolah, SMP 288 sekolah. Sedangkan SMA/SMK, hanya berjumlah sekitar 121 sekolah.

Amri mengklaim, sistem pendidikan di tingkat SD dan SMP telah berjalan baik. Meski banyak siswa yang kesulitan melanjutkan ke jenjang SMA/SMK, karena jumlah sekolah yang terbatas, sehingga daya tampung tidak memadai. ** Baca juga: Kisruh Warga di SPBU Serpong, Begini Saran Lurah dan Kapolsek

“Mereka tidak putus sekolah. Karena sebagian ada juga yang melanjutkan pendidikannya di jenjang pondok pesantren. Hanya saja, Dindikbud belum mencatat secara rinci jumlah siswa yang melanjutkan ke pondok pesantren,” papar Amri.(mg/tom migran)

Berita Terbaru