oleh

Jumlah Pengangguran di Tangsel Masih Cukup Tinggi

Kabar6-Jumlah angka pencari kerja alias pengangguran di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kiranya masih cukup tinggi. Umumnya, penganggur itu berasal dari kalangan dengan tingkat pendidikan SMU.

Merujuk data dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Tangsel, sejak Januari hingga Juli 2012, tercatat ada sebanyak 1.480 orang warga pemohon kartu kuning (pencari kerja).

Kepala Dinsosnakertrans Tangsel, Purnama Wijaya mengatakan angka pengganguran di wilayah itu didominasi oleh lulusan SMU dan lulusan sarjana dan Sekolah Dasar (SD).

Sedangkan pencaker terbanyak berasal dari wilayah Kecamatan Serpong Utara. Padahal, wilayah itu dikenal sebagai salah satu lokasi yang menjadi pusat bisnis Tangsel.

“Meski Serpong Utara merupakan kawasan yang memiliki pusat bisnis dengan kebutuhan tenaga kerja terbesarterbanyak, tapi angka pengangguran terbanyak justru berasal dari wilayah itu,” katanya.

Ditanya soal peluang kerja yang tersedia, Purnama mengaku masih cukup tersedia. Bahkan selama ini pihaknya kerap memberikan informasi kepada para pencari kerja.

“Selain melalui telefon, informasi lowongan kerja juga kami pasang di papan kantor Dinsosnakertrans, termasuk memberitahukannya langsung kepada pencari kerja yang datang saat membuat kartu kuning,” ujar Purnama.(evan)

Berita Terbaru