oleh

Jumlah Pekerja di Pabrik Petasan Yang Terbakar 103 Orang

Kabar6-PT Panca Buana Cahaya Sukses, pabrik produsen petasan yang terbakar dan meledak hingga menewaskan puluhan orang karyawannya, pada Kamis (26/10/2017), diketahui mempekerjakan sekitar 103 orang tenaga kerja.

Informasi yang dihimpun Kabar6.com, dari 103 orang karyawan yang ada dipabrik petasan milik Indra Liono ini tercatat ada sejumlah tenaga kerja dibawah umurn salahsatunya, Siti Fatimah (15).

Siti Fatimah, diketahui turut menjadi korban dalam peristiwa ledakan yang terjadi pada Pukul 09.00 WIB, pagi tadi.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tangerang Jarnaji mengatakan, pihaknya tak memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap pekerja usia dibawah umur.

Pasalnya, kewenangan itu telah diambilalih oleh Disnakertrans Provinsi Banten, sejak diberlakukannya UU Nomor 23/2014, Tentang Pemerintah Daerah.

“Sekarang, kewenangan untuk pengawasan tenaga kerja dibawah umur itu berada di Disnakertrans Provinsi Banten,” ungkap Jarnaji, kepada Kabar6.com, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (26/10/2017).

Menurutnya, saat ini Disnakertrans Kabupaten Tangerang hanya memiliki kewenangan terkait perselisihan hubungan industrial, seperti Pemutusahan Hubungan Kerja (PHK), Pesangon dan lainnya.

Meski demikian, pihaknya tetap menerjunkan tim untuk melakukan pendataan korban di lokasi pabrik yang berada di Jalan SMPN Kosambi, RT020/010, Desa Belimbing, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang.**Baca juga: Kebakaran Gudang Kembang Api di Kosambi, Poinah: Emak Saya Belum Ditemukan.

“Walaupun sudah bukan kewenangan kami lagi, tapi kami tetap turun untuk mendata jumlah karyawan yang menjadi korban dari kebakaran itu. Ini, demi kemanusiaan dan koordinasi lintas instansi,” katanya.(Tim K6)

Berita Terbaru