oleh

Jumlah Kalori yang Sebaiknya Dikonsumsi Tiap Hari untuk Turunkan Berat Badan

Kabar6-Rata-rata seorang wanita yang cukup aktif antara usia 26 dan 50 harus mendapatkan sekira 2.000 kalori per hari untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Namun ada banyak faktor yang menentukan hal ini.

Berapa banyak kalori yang harus dikonsumsi tergantung pada faktor-faktor seperti usia Anda, tinggi badan, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas. Tapi secara garis besar, untuk menurunkan berat badan Anda harus mengurangi kalori yang dikonsumsi setiap harinya.

Ahli nutrisi bernama Cynthia Sass, melansir melansir Health, menjeaskan bahwa jika ingin menghilangkan setengah kilo perminggu, Anda harus mengurangi 500 kalori setiap harinya. Angka ini bertambah menjadi 1.000 kalori jika Anda ingin mengurangi sekilo perminggu. Gagasan di balik formula ini adalah bahwa 3.500 kalori sama dengan setengah kilo, artinya jika Anda memotong 500 kalori setiap hari selama tujuh hari, akan menciptakan defisit 3.500 kalori, sehingga bisa kehilangan setengah kilo.

Namun menurut Cynthia, cara ini berpotensi untuk memperlambat metabolisme, kehilangan jaringan otot atau jaringan tanpa lemak, dan memiliki efek samping lain, seperti mengidam atau kelaparan yang intens, mudah marah, perubahan suasana hati. Jadi bagaimana mengetahui berapa banyak kalori yang harus Anda buang tanpa efek samping?

Cynthia mengatakan, untuk menggunakan bantuan aplikasi seperti MyFitnessPal. Dalam aplikasi tersebut, Anda diminta untuk memasukkan data diri dan berbagai pertanyaan lainnya. Namun, alih-alih memasukkan berat badan saat ini dan tujuan ke dalam aplikasi tersebut, Anda malah memasukkan bobot tujuan di kotak yang menanyakan berat badan Anda saat ini, dan centang ‘pertahankan berat saat ini’. Misalnya, jika Anda mempunyai berat 75 kg tetapi Anda ingin berada di 65 kg, masukkan data 65 kg, dan tujuan Anda sebagai ‘mempertahankan berat saat ini’.

“Itu akan memberi Anda jumlah kalori yang dibutuhkan untuk mencapai dan bertahan pada 65 kg,” katanya. ‘Dan Anda tidak terlalu mengurangi kebutuhan Anda atau menciptakan efek samping lainnya.”

Dalam percobaan ini, ketika data yang dimasukkan adalah berat 75 kg dengan tujuan mempunyai berat 65 kg, maka kalori yang harus dikonsumsi adalah 1.400 kalori/hari. Sementara jika dengan pendekatan memasukkan berat yang diinginkan dan goalnya menjadi mempertahankan berat badan, maka kalori yang harus dikonsumsi adalah 1.780 kalori/hari.

Tentu saja pendekatan ini akan membuat Anda menurunkan berat badan sedikit lebih lambat dibanding jika Anda memotong 500 kalori per hari. Tetapi cara ini lebih realitis dan tidak mempunyai efek samping yang drastis. ** Baca juga: Ada Efek Mengejutkan dari Diet Rendah Karbohidrat

Namun Cynthia juga mengingatkan bahwa olahraga akan sangat membantu dalam proses penurunan berat badan. Jadi selain mengurangi kalori, imbangi dengan melakukan olahraga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru