oleh

Jumlah Jalan Kaki yang Harus Dipenuhi dalam Sehari Agar Berat Badan Turun

Kabar6-Jalan kaki menjadi olahraga paling murah untuk menurunkan berat badan. Menurut Nicolette Amarillas, seorang corrective exercise specialist bersertifikasi ACE dan NASM, jalan kaki 30 menit atau lebih bisa menjadi target harian bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Namun, hal itu harus dilakukan setiap hari atau rutin dan berkelanjutan.

“Tubuh mampu beradaptasi dengan jenis olahraga apa pun. Jadi, yang perlu diperhatikan bukan hanya durasi, tetapi rutinitas dan kontinuitas dari kegiatan tersebut,” ungkap Nicolette.

Menurut Nicolette, melansir womantalk, tak masalah jika Anda ingin jalan kaki beberapa kali seminggu, selama 30 menit. Tetapi ada baiknya jika dilakukan rutin setiap hari untuk hasil maksimal. Nicolette juga menyarankan untuk menyesuaikan intensitas dan variasi gerakan jalannya. Misalnya, tidak diam pada satu kecepatan yang sama di 30 detik hingga semenit awal, terlebih jika Anda ingin menurunkan berat badan. Misalnya, dalam 30 detik awal Anda jalan kaki dengan kecepatan lambat sehingga Anda masih bisa berbincang dengan rekan, lalu kemudian kecepatan langkah dipercepat selama satu menit berikutnya. Anda juga bisa melakukan variasi terhadap keduanya.

Jalan kakinya juga bisa divariasikan, misalnya satu hari Anda jalan santai, hari berikutnya jalan menanjak, dan berikutnya speed walking. Pola itu nantinya akan membuat tubuh terbiasa. Namun, jika Anda merasa tubuh kelelahan, jangan segan untuk beristirahat. ** Baca juga: Ada Bahaya Konsumsi Pil Pelangsing

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru