oleh

Jokowi Sebut Infrastruktur Pondasi Indonesia Bersaing dengan Negara Lain

Kabar6-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Serang-Panimbang Seksi I Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer, di Gate Tol Rangkasbitung, Cibadak, Kabupaten Lebak, Selasa (16/11/2021).

Hadir pula Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, dan pejabat terkait lainnya.

“Dengan mengucap bismillahirahmannirrahim, Tol Serang-Panimbang Seksi I ruas Serang-Rangkasbitung pagi hari ini saya resmikan,” kata Jokowi dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan, infrastruktur adalah pondasi untuk Indonesia agar dapat bersaing dengan negara lain.

“Artinya yang kita kejar adalah daya saing kita. Tidak mungkin sebuah negara bisa melampaui negara lain kalau index competitiveness-nya lebih rendah. Karena apapun tanpa infrastruktur barang-barang yang ada ini harganya akan lebih tinggi, itulah yang kita kejar,” ungkap Jokowi.

Kesiapan infrastruktur, menurut Jokowi, akan berdampak pada barang-barang produksi Indonesia dapat terdistribusi lebih baik dan dapat menjadi lebih murah.

“Artinya infrastruktur ini akan memperbaiki jaringan logistik,” ucapnya.

**Baca juga: Datang ke Lebak Resmikan Tol Serang-Panimbang, Jokowi Bagi-bagi Kaos

Kata Jokowi, infrastruktur juga akan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi, termasuk di Banten akan lebih mudah terdistribusi.

“Dan juga memberikan fasilitas kepada produksi, orang berproduksi, pertanian berproduksi, perkebunan berproduksi. Itu adalah jalan menuju ke konsumennya, sehingga akan lebih memudahkan dan yang paling penting dengan dibangunnya sebuah jalan di situ akan muncul lapangan kerja sebanyak-banyaknya dan membangun peradaban kita,” papar Jokowi.(Nda)