oleh

Jimly Asshiddiqie di Lebak: DKPP Bukan Hantu

Kabar6-Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof Jimly Asshiddiqie mengatakan, DKPP bukan hantu.

Pernyataan ini ia sampaikan menjawab pertanyaan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pandeglang yang menyebutkan banyak penyelenggara Pemilu merasa seperti dihantu dengan adanya pemecatan dalam sidang kode etik DKPP.

“DKPP bukan hantu. Masa saya dianggap ketua hantu,” kata Jimly Asshiddiqie disambut tawa peserta rapat kerja KPU Banten Lebak bersama PPK se-Kabupaten Lebak dalam rangka Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2013 yang digelar di STIE La Tansa Mashiro, Jalan Soekarno-Hatta, Rangkasbitung, Jumat (16/8/2013).

Jimly menjelaskan, banyaknya penyelenggara Pemilu yang dipecat lantaran dalam persidangan ditemukan fakta-fakta pelanggaran kode etik secara serius. Salah satunya memanfaatkan masa akhir jabatan penyelenggara Pemilu dengan berbuat tidak senonoh.

“Jadi tidak perlu takut dengan DKPP karena kebanyakan KPU yang diberhentikan itu adalah komisioner lama. Mereka kadang-kadang memanfaatkan masa akhir ‘hayatnya’ untuk berbuat yang tidak senonoh,” ujarnya.

Jimly menyebutkan, dari hampir seratus penyelenggara Pemilu yang dipecat, kebanyakan anggota KPU lama. Tidak semuanya anggota KPU, ada juga yang dari Panwaslu atau Bawaslu.(bbs/yps)

Berita Terbaru