oleh

Jika Dikonsumsi Berlebihan, 4 Makanan Ini Bisa Turunkan Kepadatan Tulang

Kabar6-Untuk mencegah terjadinya osteoporosis, diperlukan kombinasi antara kalsium dan vitamin D. Selain vitamin dan mineral, ada hal lain yang juga penting untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang Anda.

Hal yang dimaksud adalah makanan. Ya, ada beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari atau dikurangi, untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Melansir WebMd, ini empat makanan yang dimaksud:

1. Garam
Para peneliti menemukan, wanita yang telah memasuki masa menopause dan mengonsumsi banyak garam, akan mengalami penurunan kepadatan tulang lebih parah dibandingkan dengan wanita lain yang seumuran dengannya.

Hal ini karena garam akan mengikat kalsium dalam tulang, yang bila berlangsung lama akan membuat tulang menjadi rapuh. Untuk setiap 2.300 mg garam (anjuran konsumsi harian garam) yang Anda konsumsi, maka sekira 40 mg kalsium akan dikeluarkan dalam air kemih (urine).

Jadi, mengonsumsi cukup kalsium dan vitamin D setiap harinya dapat membantu mencegah penurunan kepadatan tulang akibat konsumsi garam. Orang dewasa yang berusia 50 tahun atau kurang membutuhkan sekira 1.000 mg kalsium setiap harinya (setara dengan 3 gelas susu atau 720 ml susu).

Sementara untuk orang yang berusia lebih dari 50 tahun, mereka memerlukan sekira 1.200 mg kalsium setiap harinya (setara dengan 3.5 gelas susu).

Untuk vitamin D, orang yang berusia 50 tahun atau kurang membutuhkan sekira 200 IU vitamin D, orang yang berusia 51-70 tahun membutuhkan sekira 400 IU vitamin D, dan orang yang telah berusia lebih dari 70 tahun membutuhkan sekira 600 IU vitamin D.

Beberapa jenis makanan olahan yang mengandung banyak garam antara lain:
a. Daging olahan seperti ham dan sosis
b. Makanan siap saji seperti pizza, burger, taco, dan kentang goreng
c. Makanan olahan seperti berbagai jenis makanan beku
d. Makanan kalengan, sayuran kalengan, dan jus buah
e. Makanan panggang seperti roti dan sereal sarapan pagi

Bila Anda tidak dapat menurunkan konsumsi garam harian, maka tingkatkanlah konsumsi makanan yang mengandung banyak kalium seperti pisang, tomat, dan jus jeruk karena dapat membantu mengurangi kehilangan kalsium.

2. Minuman bersoda
Banyak minuman bersoda mengandung asam fosfor, yang sebenarnya dapat meningkatkan pengeluaran kalsium dari dalam tubuh melalui air kemih, dan hampir semua jenis minuman bersoda tidak atau hanya sedikit mengandung kalsium. Hal ini tentu saja akan meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis.

3. Kafein
Seperti halnya minuman bersoda, minuman berkafein juga akan ‘menarik’ kalsium keluar dari tulang, sehingga Anda akan kehilangan sekira enam miligram kalsium untuk setiap 100 mg minuman berkafein yang Anda konsumsi.

Memang tidak banyak, tetapi hal ini tetap saja berbahaya bagi Anda yang tidak memperoleh cukup kalsium setiap harinya. Meskipun teh juga mengandung kafein, berbagai penelitian menunjukkan, konsumsi teh tampaknya tidak membahayakan tulang dan justru membantu membuat kepadatan tulang tetap terjaga pada orang-orang lanjut usia. Para ahli menduga, hal ini karena teh juga mengandung komponen lainnya yang dapat melindungi tulang.

4. Kedelai
Meskipun berbagai jenis produk kedelai seperti edamame, tahu, tempe, dan susu kacang mengandung banyak protein yang baik bagi pertumbuhan tulang, kedelai juga mengandung suatu zat yang dapat mengganggu penyerapan kalsium.

Oksalat yang terdapat dalam kedelai akan berikatan dengan kalsium sehingga kalsium pun tidak dapat digunakan oleh tubuh. Masalah baru akan muncul bila Anda mengonsumsi banyak kedelai, tetapi tidak mengonsumsi banyak kalsium.

Berbagai penelitian menemukan hasil yang bervariasi mengenai kedelai. Beberapa penelitian kecil menemukan, kedelai dapat mengganggu kepadatan tulang, sementara penelitian lainnya menemukan bahwa jenis kedelai yang tepat (isoflavon genistein dan daidzein), kedelai justru dapat membantu menjaga kekuatan tulang.

Jadi, pastikan Anda mengonsumsi cukup atau bahkan banyak kalsium setiap harinya untuk mencegah terjadinya penurunan kepadatan tulang. ** Baca juga: Benarkan Kurang Tidur Bikin Anda Mudah Lupa?

Jika menu makanan mengandung banyak kedelai di dalamnya, pastikan Anda mengonsumsi setidaknya 1.000 mg kalsium setiap harinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru