oleh

Jepang Produksi Bir dari Kotoran Gajah

Kabar6-Bir adalah segala minuman beralkohol yang diproduksi melalui proses fermentasi bahan berpati tanpa melalui proses penyulingan setelah fermentasi. Merupakan minuman beralkohol yang paling banyak dikonsumsi di dunia, dan kemungkinan yang tertua. Selain itu, bir juga adalah minuman terpopuler ketiga di dunia, setelah air dan teh.

Proses pembuatan bir disebut brewing. Karena bahan yang digunakan untuk membuat bir berbeda antara satu tempat dan lainnya, maka karakteristik bir (seperti rasa dan warna) juga sangat berbeda baik jenis maupun klasifikasinya. Kadar alkohol bir biasanya berkisar antara 4-6 persen abv (alcohol by volume, alkohol berdasarkan volume), meski ada pula yang serendah kurang dari satu persen abv maupun yang mencapai 20 persen abv.

Nah, Sankt Gallen yang merupakan perusahaan bir ternama dari Kanagawa, Jepang, melansir soranews24, membuat bir dari kotoran gajah. Proses pembuatannya mirip seperti pada kopi luwak, di mana gajah tadi disuruh untuk memakan biji kopi. Setelah melewati proses pencernaan, biji kopi yang hancur tadi dikeluarkan oleh gajah dan kemudian diolah untuk menjadi bir.

Kabarnya, saat bir ini pertama kali dijual, sudah habis terpesan hanya dalam beberapa menit. Menurut para pecinta dan kritikus, bir ini sangat nikmat dan aromanya terasa sangat kuat. Mereka menilai, bir ini berbeda pada umumnya dan rasanya yang keras membuat orang ketagihan untuk meminumnya. ** Baca juga: Ini 2 Kesamaan Negara-negara dengan Tingkat Obesitas Tertinggi di Dunia

Penasaran mencoba? (ilj/bbs)

Berita Terbaru