oleh

Jepang Pasok Sejuta Dosis Vaksin Covid-19 ke Indonesia

Kabar6-Pemerintah Indonesia baru saja menerima kedatangan vaksin Covid-19 hampir satu juta dosis jenis AstraZeneca sumbangan dari Jepang, Kamis (1/7/2021) sore. Kedatangan vaksin tahap ke-19 ini disambut langsung oleh juru bicara Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro.

“Kita kembali menyambut kedatangan 998.400 dosis vaksin yang diproduksi Astrazeneca yang merupakan sumbangan pemerintah Jepang. Ini merupakan hasil kerja sama bilateral Indonesia-Jepang,” ungkapnya.

“Terima kasih kepada pemerintah dan Jepang yang selalu menjadi sahabat dan membantu dalam suka maupun duka,” sambung Raisa.

Reisa juga mengungkap total vaksin Astrazeneca yang dimiliki Indonesia. “Kedatangan 998.400 dosis vaksin jadi produksi Astrazeneca ini menambah total vaksin Astrazeneca yang dimiliki Indonesia menjadi 9.226.800 dosis, sedangkan total dosis dari semua merek adalah 99.226.800 vaksin jadi hampir 100 juta dosis,” papar Raisa.

Pantauan di Bandara Soekarno – Hatta, Tangerang, vaksin ini sumbangan dari pemerintah Jepang yang diangkut menggunakan pesawat Japan Airlines JL725.

Terlihat vaksin Covid-19 ini dikemas dalam 13 kontainer diturunkan dari pesawat oleh sejumlah petugas. Vaksin itu selanjutnya dibawa ke tempat penyimpanan. Kemudian akan dikirim ke PT Biofarma yang berlokasi di Bandung Jawa Barat.

**Baca juga: Puluhan Terapis dan Pengunjung My Place Serpong Panik Digerebek

Pengiriman vaksin dari Jepang ini merupakan bagian dari Diplomasi Vaksin Indonesia untuk memperjuangkan jaminan akses yang adil terhadap vaksin yang aman, efektif dan berkualitas di seluruh negara dan kawasan.

Tujuannya mewujudkan cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage) yang dilakukan secara bilateral maupun mekanisme multilateral melalui Covax.(yud)

Berita Terbaru