oleh

Jenis Kotoran Telinga Bisa Deteksi Kesehatan Telinga

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sehabis mandi atau dalam waktu tertentu, Anda sudah pasti rutin membersihkan telinga dari kotoran. Nah, mungkin Anda belum mengetahui jika kotoran telinga ternyata dapat menandai kondisi kesehatan Anda.

Bagaimana hal ini dapat terjadi? Dilansir laman Prevention, berikut uraiannya:

1. Berair & berwarna hijau keputih-putihan
Air tersebut bisa berasal dari keringat yang menetes dari kepala. Namun jika Anda tidak berkeringat dan kotoran tersebut berwarna hijau keputih-putihan atau kuning tua, kondisi ini bisa mengindikasikan jika Anda terkena infeksi telinga.

2. Lengket & kering
Menurut jurnal Nature Genetics, kebanyakan orang Asia memiliki kotoran telinga yang kering. Sedangkan orang Afrika atau Eropa, memiliki kotoran telinga yang lengket dan basah.

3. Bau menyengat
Bisa jadi pertanda Anda mengalami infeksi atau kerusakan pada bagian tengah telinga. Jika terjadi kerusakan pada bagian tersebut, akan timbul pula masalah keseimbangan, suara mendengung pada telinga, dan telinga terasa penuh.

4. Kotoran keluar dari telinga
Infeksi pada bagian gendang telinga dapat menyebabkan pertumbuhan kulit yang tidak normal, yang disebut cholesteatoma (penumpukan kulit pada telinga). Jika biasanya kotoran telinga Anda hilang tanpa Anda sadari, cholesteatoma justru menyebabkan tekanan dan rasa sakit pada bagian telinga.

5. Kotoran telinga sedikit atau tidak ada
Bisa jadi Anda mengidap keratitis obturans. Kondisi ini membuat kotoran dalam telinga menumpuk hingga menimbulkan sumbatan. Selain itu, telinga juga akan terasa penuh dan sakit.

6. Lembek
Seiring bertambahnya usia, kotoran telinga akan menjadi lembek. Anda tidak perlu khawatir, karena ini merupakan suatu hal yang alami. ** Baca juga: Ingin Lebih Berkonsentrasi? Konsumsi Makanan Ini

Yuk cek kotoran telinga Anda saat membersihkan, agar dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru