oleh

Jenazah yang Tertukar, 2 Keluarga di Tiongkok Ini Ternyata Makamkan Orang yang Salah

Kabar6-Bak sebuah judul sinetron, kisah jenazah yang tertukar ini benar-benar terjadi akibat kecerobohan petugas kamar mayat sebuah rumah sakit di Tiongkok.

Pihak rumah sakit yang tidak diungkap identitasnya ini, melansir metro.co.uk, telah mengeluarkan pernyataan permintaan maaf, setelah dua keluarga menerima jenazah yang sama sekali tidak mereka kenal. Dan, kesalahan itu diketahui setelah salah satu keluarga menyadari bahwa mereka telah menerima jenazah yang salah.

Seharusnya keluarga tadi menerima jenazah seorang pria muda berusia 21 tahun. Namun yang mereka terima malah jenazah lansia berusia 80 tahun.

Sementara itu, keluarga dari lansia tersebut sudah terlebuh dulu datang untuk mengambil jenazah kerabat mereka, tepatnya dua minggu sebelum pihak keluarga dari jenazah pria muda itu mengambilnya. Namun tampaknya keluarga dari wanita lansia tidak menyadari jika mereka membawa jenazah yang salah.

Cheng Yahong, paman dari jenazah pria muda itu mengatakan kepada media setempat bahwa kamar mayat di Provinsi Hebei meminta bayaran sekira Rp21 juta untuk biaya penyimpanan mayat sampai upacara pemakaman diadakan.

“Dia (jenazah pria muda) meninggal dalam kecelakaan lalu lintas pada 15 Maret dan ditahan di kamar mayat di Rumah Sakit Rakyat Cheng selama lebih dari 20 hari,” kata Yahong.

“Kemarin, kami pergi ke kamar mayat untuk menerima jenazahnya, tetapi kami diberi mayat orang lain. Saat itulah kami menghubungi polisi,” imbuhnya.

Lebih lanjut Yahong mengatakan, bahkan setelah dilakukan penyelidikan diketahui bahwa jenazah dari kerabatnya malah sudah diberikan keluarga lain.

“Pada akhirnya, kami menemukan bahwa jenazahnya telah diberikan ke sebuah keluarga di kota Matou,” jelas Yahong. ** Baca juga: McKamey Manor, Rumah Hantu di California yang Disebut Paling Menyeramkan di Dunia

Keluarga yang tinggal di Kota Matou itu pun telah menguburkan jenazah pria muda tersebut. “Petugas dari kantor polisi setempat kami dan pekerja dari kamar mayat rumah sakit mendampingi kami ke pemakaman dan menggali mayatnya,” ungkap Yahong.

Setelah mengeluarkan kembali dari tanah kuburan, pihak keluarga akhirnya mendapatkan kembali jenazah kerabatnya dan mengadakan pemakaman hari itu juga. Atas kejadian itu kedua pihak keluarga telah diberikan kompensasi.

Bagaimana bisa pihak keluarga tidak mengecek dulu jenazah yang mereka bawa pulang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru