oleh

Jembatan Sungai Ciujung Terputus, Warga Manfaatkan Perahu Tagana

Kabar6-Warga Kecamatan Kalanganyar dan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten akhirnya bernafas lega. Aktivitas di dua kecamatan itu kini tak lagi terganggu.

Pasalnya, jembatan gantung yang rusak akibat meluapnya Sungai Ciujung kini tengah diperbaiki oleh pemerintah daerah setempat.

Warga dan anak-anak yang ingin berangkat sekolah tak lagi bersusah payah untuk bisa menuju dua kecamatan yang dipisahkan Sungai Ciujung tersebut.

Itu semua karena keberadaan relawan Tagana Banten dilokasi. Sambil menunggu hadirnya jembatan baru, warga dan anak-anak pun bisa memanfaatkan perahu karet yang disediakan Tagana Banten.

Seperti yang terlihat sepanjang Selasa (15/1/2013), para relawan Tagana Banten ini tak lelah membantu warga dan anak-anak di dua kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten untuk menyeberang.

Kehadiran relawan Tagana Banten itu tentu saja sangat membantu warga sekitar. Secara bergantian, mereka dengan setia menunggu perahu karet untuk menyebrangi Sungai Cijung yang saat ini tengah meluap akibat cuaca ekstrim yang terjadi.

Dedy (30), warga Kecamatan Kalanganyar mengatakan, kehadiran perahu karet milik Tagana Banten di sepanjang Sungai Ciujung itu, sangat membantu warga dalam beraktifitas, terlebih saat banjir seperti sekarang.

Bapak dua anak itu pun tak lagi berjalan sejauh 5 KM untuk bisa menuju Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten.

“Perahu karet Tagana Banten cukup membantu warga menyebrangi Sungai Ciujung. Sehingga kami tak lagi bersusah payah untuk bisa menuju Kecamatan yang ada diseberang Sungai Ciujung,” kata Dedy ketika ditemui Kabar6.com ketika memanfaatkan perahu karet Tagana Banten.

Ketua Tagana Banten, H. Andhika Hazrumy, merasa senang jika kehadiran puluhan relawan yang tergabung dalam Tagana Banten ternyata bisa bermanfaat bagi warga sekitar.

Saat ini, penyebrangan perahu karet milik Tagana Banten itu bisa digunakan sebagai sarana transportasi bagi warga sekitar untuk menjalankan aktifitas sehari-hari.

Tak hanya mengangkut warga, perahu karet Tagana Banten ini juga digunakan untuk membawa para pelajar generasi muda Banten untuk menuntut ilmu.

“Sambil menunggu jembatan baru selesai diperbaiki, warga dan pelajar bisa memanfaatkan perahu karet Tagana Banten untuk digunakan sebagai alat tranportasi warga untuk menyebrangi sungai,” ungkap Andhika sambil mengusapkan air mata karena terharu Tagana Banten yang dipimpinnya itu bermanfaat bagi warga sekitar.(Rani)

Berita Terbaru