oleh

Jemaah Haji Tangsel Meninggal di Masjid Nabawi

Kabar6-Asmawati Asmal Binti Asmiun (52), seorang jamaah haji asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dikabarkan menghembuskan nafas terakhirnya di Tanah Suci.

Warga Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, ini diketahui meninggal akibat terkena serangan jantung.

Berdasarkan informasi yang dihimpun kabar6.com, Asmawati termasuk dalam kloter pertama Provinsi Banten. Almarhumah meninggal saat sedang menunaikan shalat dzuhur di Masjid Nabawi, pada Jumat (20/9/2013) kemarin waktu setempat.

“Dari laporan yang kami terima, ada seorang jamaah haji asal Tangsel yang meninggal dunia. Sedangkan jamaah yang sakit, kami belum mendapat kabar,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel, Agus Salim, Selasa (24/9/2013).

Dari laporan yang diterimanya, Agus mengaku sejauh ini kondisi jamaah haji asal Tangsel yang diberangkatkan pada 11 September lalu tidak mengalami kendala apa pun.

“Alhamdulillah lancar. Tapi kami tetap mengimbau kepada para jamaah haji untuk tetap menjaga kesehatan,” terangnya.

Seperti diketahui, kuota haji Banten tahun 2013 yakni berjumlah 6.849 jamaah berasal dari delapan kota/kabupaten. Sedangkan untuk Kota Tangsel, ada 958 jamaah.

Untuk pemberangkatan pertama dari wilayah Provinsi Banten berasal dari Kota Tangsel yakni sebanyak 455 jamaah calon haji. Sedangkan untuk tingkat nasional, 455 jamaah haji asal Provinsi Banten atau Tangsel itu masuk dalam kloter ke IV.

Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Banten, Iding Muj’tahidin mengatakan, jamaah haji asal Banten, akan dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama yakni tujuh kloter dan tahap kedua sebanyak lima kloter.

Masa keberangkatan para calon jamaah haji tersebut dimulai tanggal 9 September hingga 7 Oktober atau 28 hari. Sedangkan untuk kepulangan jamaah haji yakni pada tanggal 21 Oktober – 17 November atau 27 hari.(yud)

Berita Terbaru