Home / Aneka Berita / Suara Anda / Jemaah Haji Indonesia Wafat Di Tanah Suci Berjumlah 172 Orang

Jemaah Haji Indonesia Wafat Di Tanah Suci Berjumlah 172 Orang

Kabar6-Jumlah jamaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci terus bertambah. Berdasarkan data pada Siskohat, jamaah yang tercatat meninggal pada Senin (29/10) mencapai 27 orang.

Total jamaah haji yang wafat di Tanah Suci menjadi 172 orang.  Penyebab utama jamaah haji wafat di Tanah Suci adalah ganguan sistem sirkulasi atau serangan jantung. Umumnya jamaah yang wafat karena kedinginan.

Amirul Haj yang juga Menteri Agama RI, Suryadharma Ali mengatakan, banyak atau sedikitnya jamaah yang wafat tak bisa menjadi indikator sukses atau tidaknya penyelenggaraan haji.

Yang jelas, menurut dia, pelayanan kesehatan yang diberikan kepada jamaah haji tahun ini sudah sangat meningkat.

Meski jumlahnya terbatas, namun dokter yang ada di setiap sektor selalu berkunjung ke pemondokan untuk memeriksa kesehatan jamaah.  ‘’Upaya preventif yang dilakukan para tenaga medis sudah sangat baik,’’ kata Suryadharma.

Imbauan para tenega medis agar jamaah selalu memperbanyak minum, kata dia, sangat membantu performa jamaah.

‘’Saya merasakan sendiri, begitu kurang minum, badan saya terasa tidak enak,’’  tuturnya. Begitu minum diperbanyak lagi, kata  Suryadharma,  badan kembali segar.(Sumber:Kementerian Agama RI)

Check Also

Lawan Airin, Ikhsan Dongkrak Popularitas, Arsid Politik Teraniaya

Kabar6-Saat ini, publik disuguhi dengan pemberitaan terkait koordinator timses pasangan calon nomor urut 2, Arsid-Elvier, ...