oleh

Jelang Pilkada Serentak, Sosok Plt Walikota Tangsel Masih Buram

Kabar6-Pelaksana tugas (Plt) Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) hingga kini belum dapat dipastikan sosok calonnya.

Ini untuk menghindari terjadinya kekosongan kursi kepemimpinan saat Walikota Airin Rachmi Diany dan Wakil Walikota Benyamin Davnie cuti mengikuti masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015.

Plt Sekretaris Daerah Tangsel, Muhamad mengatakan, pihaknya belum membahas perihal pejabat yang akan mengisi kekosongan sementara selama perhelatan pesta demokrasi digelar yang akan dihelat Desember mendatang.

Menurutnya, dalam waktu dekat bakal digelar rapat kerja untuk membahas apakah perlu ada atau tidak.

“Belum kami komunikasikan soal Plt walikota dan Wakil Walikota. Nanti akan dibahas dulu jika memang aturannya ada soal itu,” katanya ditemui wartawan di Serpong, kemarin.

Muhamad mengakui, bahwa untuk menunjuk sosok pejabat yang akan menahkodai roda pemerintahan bukan merupakan kewenangannya. Melainkan ada di tangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

“Nanti akam kami bahas dan perlukan ada Plt walikota atau tidak. Jika memang perlu tentunya kami serahkan kepada Pemprov Banten agar mereka yang memprosesnya siapa pejabatnya,” jelas Muhamad.

Sebelumnya, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangsel memastikan bahwa ada perbedaan antara pesta demokrasi periode 2010 silam dengan Pilkada serentak 2015 kali ini.

Ini sesuai dengan regulasi yang tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kampanye. Baca juga: Ini Titipan Presiden Jokowi Usai Lawatan ke Tangsel.

Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Panwaslu Kota Tangsel, Muhamad Acep mengatakan, Airin Rachmi Diany tidak mesti meletakan jabatannya sebagai kepala daerah saat kembali nyalon.

“Airin Rachmi Diany dan Benyamin Davnie tetap sebagai pimpinan di Pemerintah Kota Tangsel sampai dengan April 2016 mendatang.(yud)

 

Berita Terbaru