oleh

Jelang Peluncuran JKN, Irgan: Tempat Tidur Kelas 3 Masih Kurang

Kabar6-Pemerintah diharapkan melakukan persiapan matang dalam menyambut diberlakukannya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada Januari 2014 mendatang. Hal ini agar JKN dapat berjalan sesuai harapkan.

Demikian dikatakan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Irgan Chairul Mahfiz kepada kabar6.com, di Tangerang, Jumat (16/8/2013).

“Kita tidak ingin problem Kartu Jakarta Sehat terulang dan dialami JKN. Dimana, ketika kartu Jakarta sehat diterapkan oleh Pemerintahan DKI, justru fasilitas kesehatan tidak mampu menampung masyarakat miskin yang ingin mendapatkan kesehatan,” ujar Irgan.

Untuk itu, Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan ini mengaku terjun langsung guna meninjau kesiapan JKN ke lapangan. Melalui kunjungan kerja komisi IX, Irgan masih mendapati banyak kekurangan dalam proses persiapan JKN.

“Kekurangan dimaksud diantaranya, masih dibutuhkannya ratusan ribu ytempat tidur bagi pasien kelas 3. Ini harus segera disediakan oleh pemerintah,” ujar Irgan lagi.

Selain sarana kesehatan, kata Irgan, tenaga kesehatan juga perlu ditempatkan merata. Seperti penempatan dokter dan masih banyak
dokter yang terkonsentrasi  dipusat.

“Intinya masih banyak kekuarangan yang perlu segera diberesakan,
agar JKN ini bisa diterapkan sesuai dengan target yakni 1 Januari
2014,” tandasnya.

Diketahui, Jaminan Kesehatan Nasional kini tengah disosialisasikan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan. Program ini akan segera diluncurkan pada 1 Januari 2014 oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), mengacu pada UU No.24 tahun 2011 tentang BPJS.(ir)

 

Berita Terbaru