oleh

Jelang Masa Tenang Pilkada, Polda Banten Gelar Patroli Cyber

Kabar6-Polda Banten bersama BIN Daerah Banten menggiatkan patroli cyber selama masa tenang Pilkada serentak 2020 di wilayah hukumnya. Patroli dunia maya itu akan menyasar informasi hoax, guna menghindari terjadinya kekisruhan saat pemungutan, perhitungan hingga penetapan pemenang paslon.

Massa tenang pilkada serentak akan berlangsung mulai besok, Minggu-Selasa, (6-8/12/20). Adapun pencoblosan berlangsung Rabu (9/12/2020). Ada tiga daerah di wilayah hukum (wilkum) Polda Banten yang melaksanakan pilkada, yakni Kota Cilegon, Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang.

Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar mengatakan, sedangkan Kota Tangsel, berada di wilkum Polda Metro Jaya (PMJ). Para pasangan calon, lanjut Fiandar, tim sukses (timses) hingga simpatisan diminta untuk bersama-sama menjaga kondusifitas dan mematuhi peraturan yang berlaku, selama massa tenang pilkada.

“Masalah hoax, dari kepolisian ada namanya patroli ciber, dari BINDA Banten juga ada, melakukan patroli terhadap sumber hoax kalau ada, kita lakukan tracing juga, kemudian melakukan penindakan sesuai dengan kapasitas pelanggaran yang terjadi,” kata Fiandar di gedung Pemkot Cilegon, Sabtu (5/12/2020).

Pencopotan Alat Peraga Kampanye (APK) juga harus dilakukan bersama KPU, Bawaslu, Satpol PP hingga para timses pasangan calon (paslon), untuk menghormati massa tenang pilkada yang akan digelar pada 09 Desember 2020 nanti.

**Baca juga: Bagikan Sembako, Dari Polsek Hingga Polres Cilegon Ikut Bantu Korban Banjir

“Jadi untuk memasuki masa tenang besok, tahapan tersebut KPU melakukan penarikan atau penurunan alat peraga, pasangan calon juga diminta aktif menurunkan, Satpol PP juga. Saya mohon ke masyarakat semua, menghadapi massa tenang untuk mengurangi tensinya, agar pada saat pemilihan nanti lebih tenang lagi,” jelasnya. (dhi)

Berita Terbaru