oleh

Jelang Lebaran, Dishubkominfo Serang Siap Tertibkan Pasar Tumpah

Kabar6-Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Serang akan menertibkan pasar tumpah guna mengantisipasi kemacetan arus mudik. Berdasarkan pengalaman Lebaran tahun sebelumnya, kemacetan terjadi di jalur Serang Timur dan Barat.

“Antispasi pengamanan pasar tumpah akan dikordinasikan dengan pihak-pihak terkait, yakni Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Satpol PP serta pihak kepolisian,” kata Kepala Dishubkominfo Kabupaten Serang Odi Budiono di Serang, Senin (22/7/2013).

Odi mengemukakan, pihaknya telah melakukan inventarisir bahwa berdasarkan pengalaman musim mudik tahun lalu, setidaknya ada tiga pasar tumpah.

Ketiga pasar tumpah yang diwaspadai kemacetannya, yakni Pasar Kragilan dan Pasar Ciruas di wilayah Serang Timur, dan Pasar Baros di wilayah Serang Barat.

“Ketiga pasar tumpah tersebut mempunyai karakter yang berbeda-beda, ada yang akibat lokasi perparkirannya, ada pula pedagang yang memang nekad berjualan di bahu jalan, sehingga untuk mengatasinya memerlukan cara yang berbeda,” ujar Odi.

Untuk mengatasi masalah kemacetan, kata Odi, pihaknya selain mendirikan pos arus mudik, juga memasang kamera CCTV di sejumlah titik rawan macet.

“Jadi nanti kami lebih mudah memantau aktivitas di pasar tumpah, sehingga jika mulai macet kami tinggal mengkordinasikannya dengan petugas di pos terdekat untuk mengurai kemacetan,” ungkapnya.

Mengenai pedagang yang membandel berjualan di bahu jalan, Dishubkominfo telah berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menertibkannya.(ant/yps)

Berita Terbaru