oleh

Jejak Kaki Dinosaurus Berusia 100 Juta Tahun Ditemukan Pengunjung Sebuah Restoran di Tiongkok

Kabar6-Seorang pengunjung restoran di barat daya Tiongkok melihat satu set jejak kaki yang ternyata milik dinosaurus di lantai batu halaman tempat mereka makan.

Otoritas setempat pun dipanggil untuk mengamati dan mengidentifikasi temuan itu. Melansir npr, ahli paleontologi ternyata menemukan lagi satu set jejak kaki baru di tempat kejadian. Para ahli mengatakan, jejak kaki tersebut milik dua dinosaurus yang berjalan di planet ini sekira 100 juta tahun lalu.

Ahli Paleontologi, Lida Xing, mengatakan bahwa timnya menggunakan pemindai 3D untuk mengonfirmasi bahwa jejak itu ditinggalkan oleh sauropoda, yaitu pemakan tumbuhan dengan kepala kecil dan leher panjang.

Jenis dinosaurus itu juga punya ekor dan mereka cukup mengerikan. “Semua dinosaurus ini menetas dari telur seukuran jeruk bali. Jadi mereka seperti popcorn bagi karnivora pada masanya,” kata Riley Black, ahli paleontologi dan penulis sains.

Meskipun waktu bagi sauropoda untuk berjalan di Bumi mungkin sudah lama berlalu, penemuan ini menunjukkan waktu yang menarik untuk penelitian paleontologi.

“Saya akan mengatakan bahwa saat ini, Tiongkok, khususnya yang berkaitan dengan jejak kaki dinosaurus, sedang mengalami kebangkitan fosil. Banyak tempat baru dan menarik sedang ditemukan,” kata Scott Persons, ahli paleontologi di College of Charleston.

Persons telah bekerja dengan para ilmuwan Tiongkok yang membuat penemuan ini, meskipun dia tidak terlibat dalam penemuan khusus tersebut. ** Baca juga: Arkeolog Temukan Kondom yang Diyakini Milik Firaun Tutankhamun

“Harus saya katakan, saya belum pernah ke restoran dan menemukan jejak dinosaurus,” ungkap Persons.(ilj/bbs)