oleh

Jauh Lebih Sehat dengan Konsumsi Makanan Rendah Karbohidrat

Kabar6-Salah satu cara untuk mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari adalah membatasi makanan yang mengandung karbohidrat penuh. Kontrol terhadap asupan karbohidrat ini harus seimbang dengan pemahaman seseorang terhadap nilai gizi makanan. Artinya, bukan berarti tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali.

Hal yang peru diperhatikan adalah mengganti makanan karbohidrat penuh dengan komponen yang rendah karbohidrat. Dilansir Magforwomen, berikut adalah makanan yang mengandung karbohidrat rendah:

1. Salad
Bukan salad dengan sajian banyak mayonaise di atasnya atau dengan kentang dan nasi, pilihlah salad yang berisi sayuran dan buah-buahan segar, telur rebus (tanpa kuning telur) dan sebagainya. Salad dengan buah-buahan dan sayuran sangat rendah karbohidrat dan sangat nikmat. Selain nikmat salad juga mengenyangkan perut dan tidak akan membuat Anda gemuk.

2. Ayam rebus/panggang/bakar
Ini adalah jenis makanan yang harus Anda cari saat ingin mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat. Tetapi saat Anda menggoreng ayam, kadar karbohidrat dan lemaknya akan meningkat. Jadi langkah terbaik adalah dengan merebus, memanggang atau membakar ayam.

3. Ikan steam/rebus/panggang
Ikan memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya dan juga tidak terlalu banyak kandungan karbohidrat. Jika dimasak dengan benar, maka ikan dapat menjadi sajian makanan yang sangat nikmat dan sangat ideal untuk Anda yang ingin menjalankan diet rendah karbohidrat.

4. Produk susu
Jika mengonsumsi susu skim atau produk susu lainnya yang berasal dari susu skim, maka Anda memberikan berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh tanpa menambah jumlah karbohidrat dalam tubuh.

5. Buah-buahan & sayuran segar
Brokoli, kembang kol, kubis, wortel, lobak, mentimun, tomat, bawang, apel dan banyak lagi. Hampir semua buah dan sayuran (kecuali mangga dan kentang) memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, tetapi kaya akan vitamin dan mineral. Jadi makanlah buah dan sayuran sebanyak Anda suka tanpa rasa bersalah. ** Baca juga: Bisakah Tetap Sehat Tanpa Olahraga?

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru