oleh

Jangan Tidur dalam Kondisi Lapar

Kabar6-Usai beraktifitas sepanjang hari, banyak orang yang lebih memilih tidur ketimbang makan terlebih dulu, karena kondisi tubuh sudah sangat lelah. Namun tahukah Anda, tidur dalam kondisi lapar ternyata dapat berakibat buruk bagi kesehatan?

Menurut para ahli, melansir Thehealthy, kebiasaan tidur dalam kondisi lapar sangat memberikan efek terhadap kesehatan dan berat badan. Melansir Thehealthy, ini dampak buruk pada tubuh saat tidur dalam kondisi lapar:

1. Tidur tidak nyenyak
Meskipun merasa tidak masalah saat tidur dalam kondisi lapar, otak tetap waspada secara mental akan kondisi perut yang kosong. Menurut Juru Bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Wesley Delbridge, tidur dalam kondisi lapar akan membuatnya tidak nyenyak.

2. Tingkatkan berat badan
Tidur dalam kondisi lapar kemungkinan akan membuat Anda makan berlebihan di hari selanjutnya. Dalam kondisi lapar, kadar gula darah akan begitu rendah, sehingga memakan apa saja yang terlihat. Lalu seketika, langsung meningkat yang akan mengganggu metabolisme tubuh.

3. Menghilangnya massa otot
Menurut penelitian dari European Society of Cardiology, massa otot yang sudah didapatkan dari latihan akan hilang karena tidak adanya nutrisi yang bisa mengubah protein menjadi otot. Sementara otot akan mulai memecah untuk dijadikan energi.

4. Kekurangan energi
Membiarkan perut keroncongan di malam hari akan membuat lemas di pagi harinya. Ini karena kekurangan energi, sementara tubuh membutuhkannya sepanjang waktu untuk membakar kalori. ** Baca juga: Apa yang Sebaiknya Dilakukan Usai Konsumsi Makanan Berkolesterol Tinggi?

5. Lebih mudah tersinggung
Beraktivitas setelah semalamnya tidur dalam kondisi lapar, dan melewatkan sarapan pagi hari akan sangat memengaruhi suasana hati. Para peneliti di University of Cambridge menemukan, kadar serotonin atau hormone pengatur perilaku akan mulai naik turun pada orang yang belum makan.

Jadi, penting untuk tidak membiarkan perut kosong sebelum tidur.(ilj/bbs)

Berita Terbaru