oleh

Jangan Sembarangan Santap 9 Jenis Makanan Ini dalam Kondisi Mentah (Bagian 1)

Kabar6-Selain lebih lezat, beberapa jenis makanan memiliki manfaat maksimal jika disntap dalam kondisi mentah. Meskipun demikian, tidak semua makanan baik dimakan mentah, lho. Terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dimakan mentah-mentah. Dikutip dari nova.id, berikut makanan yang dimaksud:

1. Kentang
Lisa Davis, kepala nutrisi Terra’s Kitchen, mengungkapkan bahwa mengonsumsi kentang mentah berdampak pada perut kembung dan gastrointestinal, karena kentang mengandung zat tepung yang sulit untuk dicerna.

Jika disimpan pada di daerah yang hangat atau lembap dalam jangka lama, kentang mentah akan menjadi hijau dan mengembangkan racun yang disebut solanine. Selain itu, Anda pun sebaiknya cermat untuk melihat permukaan kentang. Hindari apabila terdapat bintik hijau, sebab solanin dapat menyebabkan keracunan makanan.

2. Singkong
Dalam singkok mentah, terdapat sianida. Senyawa itu berada dalam bentuk glikosida sianogenik yang dinamakan linimarin. Meskipun senyawa tersebut jumlahnya kecil, bila masuk ke tubuh bisa terurai menjadi hidrogen sianida, racun sianida yang paling beracun dan mematikan.

3. Kacang merah
“Kacang merah mentah mengandung racun phytohemagglutinin yang dapat menyebabkan perut tak nyaman, serta gejala gastrointestinal yang serupa dengan keracunan makanan,” kata Davis. Disarankan merebus kacang merah minimal 10 menit sebelum disantap.

4. Sosis
Banyak yang salah mengira dengan mengira bahwa menyantap sosis mentah diperbolehkan karena sudah dimasak. Padahal menurut FDA, sosis mentah yang dikemas berisiko mengandung bakteri listeria yang hanya bisa mati saat dipanaskan kembali. ** Baca juga: Konsumsi Garam Berlebihan Beri Pengaruh Buruk Pada Otak

5. Susu
Hindari mengonsumsi susu yang pertama kali diperah dari sapi, tanpa proses pasteurisasi, karena mengandung bakteri berbahaya seperti E colidan salmonella. Susu mentah, menurut FDA, 150 kali lebih berisiko menyebabkan penyakit bawaan makanan ketimbang produk susu lainnya.(ilj/bbs)

Bersambung…

Berita Terbaru