oleh

Jangan Salah Diet

Kabar6-Diet adalah salah satu upaya untuk menurunkan berat badan, atau mengatur asupan nutrisi tertentu. Diet banyak dilakukan kaum hawa, demi menjaga tubuh tetap indah.

 

Namun, sebagian orang justru melakukan diet dengan cara salah, sehingga merugikan kesehatan. Nah, apa saja yang harus diperhatikan saat berdiet?

 

1. Saat memulai diet, Anda jangan hanya terfokus pada kalori saja, karena hal itu menyebabkan lemak dalam tubuh justru tidak kunjung berkurang. ** Baca juga: Ini Waktu yang Pas Untuk Minum Jus

 

2. Jangan tergiur label dalam kemasan makanan yang tertulis “nonfat” atau “sugar free”. Makanan berlabel fat-free acapkali mengandung banyak gula, sehingga kandungan kalorinya bisa sama bahkan lebih tinggi ketimbang makanan sejenis yang kadar lemaknya tidak dikurangi.

 

3. Jangan terlalu cepat menambah asupan serat untuk tubuh. Disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah, sayuran, dan dari padi-padian biji utuh secara berangsur-angsur.

 

Perubahan yang drastis dikhawatirkan akan menyebabkan perut kembung, mual, mulas, atau bahkan diare, sehingga bisa jadi tubuh akan kekurangan cairan dan zat-zat nutrisi esensial.

 

4. Pilihlah jenis diet yang sesuai dengan kondisi tubuh. Diet yang terlalu ekstrem, justru tidak baik untuk kesehatan.

 

Jadi bijaksanalah memilih dan menjalani diet, karena tujuan utama diet tidak hanya penurunan berat badan, tapi juga untuk kesehatan Anda. (ilj)

Berita Terbaru