oleh

Jangan Remehkan Efek Merugikan Gunakan Smartphone Terlalu Lama

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat ini setiap orang memiliki smartphone tanpa memandang usia. Di mana saja dan kapan pun orang sepertinya ‘sibuk’ dengan smartphone masing-masing.

Sebagian orang mungkin belum menyadari pemakaian smartphone yang terlalu lama memiliki efek merugikan bagi kesehatan. Apa saja efek yang ditimbulkan? Dikutip Okezone dari Naij, berikut uraiannya:

1. Membahayakan mata
Penggunaan intensif smartphone bisa berdampak organ penglihatan, misalnya merusak retina maupun degenerasi makula.

2. Kerusakan telinga
Mendengarkan musik dengan volume terlalu keras melalui smartphone dengan memakai headphone, dapat memengaruhi kesehatan telinga. Bahkan, berimplikasi pada gendang telinga.

3. Dampak sosial
Orang yang candu terhadap smartphone, secara perlahan menarik diri dari lingkungan sosial. Sadar atau tidak sadar, smartphone membuat dirinya terisolasi. Dampak buruknya, mereka bisa saja mengalami depresi. ** Baca juga: Apa yang Akan Terjadi Jika Makan Terlalu Kenyang?

4. Migrain
Terlalu lama menggunakan smartphone bisa berefek jangka panjang pada kesehatan. Salah satunya, timbul sakit kepala atau migrain. Selain itu, pengaruhnya terhadap sumsum tulang belakang, juga memberi dampak pada kesehatan kulit kepala Anda.

Mulailah bijaksana menggunakan smartphone.(ilj/bbs)

Berita Terbaru