oleh

Jangan Panik, Begini Cara Agar Timbangan Tidak Melonjak Usai Lebaran

Kabar6-Selama puasa kemarin mungkin berat badan Anda turun beberapa kilogram. Namun usai Lebaran, seringkali Anda mendadak panik karena tubuh justru jadi melar akibat pola makan yang tidak terkontrol.

Bagaimana tidak, ada banyak hidangan yang benar-benar mengundang selera makan, hingga Anda mengabaikan timbangan. Lantas, apa yang harus dilakukan agar berat badan tidak makin melonjak usai Lebaran? Melansir Pesona, ada sejumlah trik mudah yang bisa Anda lakukan. Apa sajakah itu?

1. Jika lapar, minum air putih
Minum air putih dianjurkan sebagai ‘pengganjal’ perut lapar. memang efek sampingnya Anda akan lebih sering bolak-balik buang air kecil, tapi tidak menambah kalori.

2. Jangan mager
Jika liburan Lebaran ini porsi olahraga Anda berkurang, ganti dengan kegiatan yang menghasilkan keringat dan membakar kalori seperti olahraga. Diketaui, menyetrika membakar 157 kalori/jam, membereskan rumah 170 kalori/jam, dan mencuci mobil 234 kalori/jam.

Seandainya Anda asyik nonton TV atau streaming di smartphone, letakkan gelas atau botol minum minimal 10 meter, sehingga Anda harus bangun dan bergerak jika haus.

3. Tidur yang cukup
Tidur yang cukup tak hanya memperbaiki organ tubuh setelah dipakai beraktivitas tapi juga bisa membantu menurunkan berat badan. Pastikan Anda tidak kurang tidur atau tidur tak sampai lima jam semalam, atau justru tidur terlalu lama alias lebih dari 10 jam.

4. Perbanyak porsi buah & sayur
Makanan yang terlalu banyak disantap selama Lebaran harusnya segera dibuang tiap pagi melalui BAB. Karena itu, pastikan Anda tidak mengalami konstipasi/sembelit. Jika saat silaturahmi hidangan didominasi daging dan lontong, tambahkan porsi konsumsi serat lewat buah dan sayur di rumah, sehingga BAB lancar.

5. Kembali ke porsi & frekuensi semula
Di rumah atau di kantor, lupakan porsi dan frekuensi makan selama silaturahmi. Kembalilah ke frekuensi makan utama tiga kali sehari, dengan porsi normal, bukan porsi Lebaran. Porsi Lebaran bisa terlalu banyak, atau justru terlalu sedikit tapi sering.

6. Bantu dengan aromaterapi
Beberapa aromaterapi saat dihirup terbukti bisa membantu kita menahan rasa lapar. Teteskan minyak esensial dari aromaterapi tersebut di kapas, lalu hirup perlahan, ketika tiba-tiba Anda lapar mata di luar waktu makan.

Ada lima minyak esensial yang bisa Anda coba untuk menahan rasa lapar, yaitu grapefruit, lemon, peppermint, jahe, dan kayu manis.

7. Timbang di akhir bulan
Timbang kembali berat badan Anda di akhir bulan saja. Tak perlu menimbang tiap minggu, apalagi tiap hari dan tiap jam. ** Baca juga: Mengenal Apa Itu Otot Tubuh

Mengubah pola makan secara keseluruhan akan membantu berat badan turun. Selamat mencoba.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru