oleh

Jangan Menahan Buang Gas

Kabar6-Flatulensi adalah keluarnya gas melalui anus/dubur akibat akumulasi gas di dalam perut (terutama dari usus besar atau kolon). Peristiwa keluarnya gas disebut juga kentut atau buang angin. Kentut biasanya ditandai dengan rasa mulas pada perut.

 

Secara etika, buang gas sembarangan tentu saja dinilai tidak sopan. Karena itulah, sedapat mungkin kita sering menahan kentut ketika berada di tempat umum atau keramaian.

 

Padahal, menahan buang gas akan berdampak buruk bagi kesehatan. Simak penjelasan berikut:

 

1. Menahan kentut akan membuat perut mengalami gangguan kram, karena gas yang terdapat pada salah satu bagian usus akan tertumpuk, dan bisa menjadikan kelebihan gas pada bagian usus tersebut.

 

2. Saat Anda menahan kentut, terjadi gerakan yang sangat berlebihan pada organ dubur, yang bisa membuat beberapa otot pada dubur tegang, sehingga pembuluh darah menjadi semakin melebar. Akibatnya Anda bisa menderita wasir.

 

3. Sewaktu menahan kentut, akan terjadi penumpukan gas yang berlebihan pada sistem pencernaan, sehingga akan menjadikan perut kembung. Kondisi ini akan membuat perut terasa tidak nyaman, karena saluran pencernaan mengalami gangguan seperti pada usus dan lambung.

 

4. Menahan buang gas dapat menyebabkan peritonitis, yaitu penyakit peradangan peritoneum berupa gangguan pada jaringan pelapis dinding bagian dalam perut, yang semuanya itu mencakup sebagian besar dari perut itu sendiri.

 

Hal ini terjadi akibat infeksi bakteri maupun jamur. Selain itu, akan terjadi luka atau tumpahan limbah yang berasal dari usus. ** Baca juga: Mengapa Tidak Boleh Terlalu Sering Mencabut Bulu Ketiak?

 

5. Sering menahan kentut akan menyebabkan tekanan parsial yang terjadi pada rongga usus. Masalah tersebut disertai dengan adanya intensitas lebih tinggi dari pada pembuluh darah yang terdapat pada dinding usus, yang pada akhirnya akan bisa beredar ke seluruh tubuh. Dan hal ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh, yang mana menjadikan tubuh keracunan gas.

 

6. Seseorang yang sering menahan kentut bisa mengakibatkan peningkatan tekanan dalam usus besar, sehingga dapat memicu terjadinya divertikular, yaitu kantung-kantung kecil pada lapisan usus besar, yang semuanya akan memperparah gangguan sembelit.

 

Jadi jangan sering menahan kentut. Jika sudah tidak tahan lagi, Anda dapat menyingkir sebentar ke tempat yang aman untuk mengeluarkan gas. (ilj/bbs)

Berita Terbaru