oleh

Jangan Malas Baca Kode yang Tertera pada Buah

Kabar6-Mengonsumsi buah-buahan secara rutin memang sangat dianjurkan karena sejumlah nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Nah, pernahkan Anda memperhatikan stiker yang ada pada buah saat membelinya di supermarket?

Stiker angka itu merupakan kode Price Look Up (PLU) digital yang berisi informasi penting mengenai buah tersebut. Kode ini bisa menjelaskan di mana buah diproduksi, bagaimana proses buah ini tumbuh, jenis buah, dan berbagai keterangan lainnya.

Biasanya, angka stiker berupa empat digit dan lima digit juga menandakan bahwa buah-buahan tersebut diimpor dari negara lain. Melansir Grid, berikut penjelasannya:

1. Dimulai dengan angka sembilan
Jika kode PLU ini terdiri dari lima digit angka dan dimulai dengan angka sembilan, maka buah dengan stiker ini dianggap sebagai yang paling baik untuk kita pilih.

Produk buah dengan awalan angka sembilan ini ditanam secara organik tanpa menggunakan bahan pestisida lainnya sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

2. Dimulai dengan angka delapan
Jika kode PLU ini terdiri dari lima digit angka dan dimulai dengan angka delapan, ada baiknya kita tidak memilihnya karena buah ini diproduksi dengan genetically modified organism (GMO), yang berarti sudah direkayasa secara genetik.

Hal ini berarti, buah ini bukanlah buah alami dan dikhawatirkan memiliki kandungan yang kurang baik bagi tubuh.

3. Diawali dengan angka tiga atau empat
Jika kode PLU pada buah terdiri dari empat digit dan dimulai dengan angka tiga atau empat, maka buah ini adalah hasil produk tradisional.

Meski demikian, produk ini masih menggunakan penyubur tanaman, pestisida, atau bahan kimia lain, sehingga sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. ** Baca juga: Bagian Tubuh yang Tunjukkan Identitas Seseorang Selain Sidik Jari

Jadi, jangan abaikan angka pada stiker buah yang akan Anda beli, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru