oleh

Jangan Lupa Tutup Kloset Sebelum Disiram untuk Hindari Penyebaran COVID-19

Kabar6-Sebuah studi mengungkapkan, pembilasan toilet bisa membawa droplet yang berpotensi mengandung COVID-19, jika digunakan oleh seseorang yang terinfeksi virus tersebut.

Dalam studi, melansir MSN, disebutkan bahwa droplet dari pembilasan toilet melayang hingga tiga kaki atau sekira 91 sentimeter. Droplet dapat bertahan di udara selama sekira satu menit dan dapat mendarat di permukaan lain di kamar mandi.

“Seseorang dapat memprediksi kecepatannya (menular) akan lebih tinggi ketika toilet sering digunakan, seperti dalam kasus toilet keluarga atau toilet umum,” jelas Ji-Xiang Wang, anggota tim peneliti studi dari Universitas Yangzhou, Tiongkok.

Dalam studi sebelumnya diketahui, SARS CoV-2 yaitu virus corona penyebab COVID-19, ditemukan bukan hanya di organ paru-paru pasiennya, tapi juga di sejumlah organ lain, di antaranya usus halus dan terbawa di feses. Temuan itu sejalan dengan gejala sebagian pasien yang mengalami diare.

Ini memunculkan kekhawatiran potensi penularan selain dari cipratan mulut dan hidung pasien. Dan ini pula yang didekati oleh studi di Medical Daily. Mereka melacak pergerakan tetesan air atau droplet setelah seseorang menekan tombol siram atau flush di toilet.

Apa yang dilakukan itu mirip dengan yang dikerjakan tim ilmuwan di Jepang, bekerjasama dengan Stasiun Televisi NHK saat simulasi seorang terinfeksi corona menutup batuknya dengan tangan.

Mereka menggunakan sebuah cairan mirip cat fluoresent atau yang berpendar oleh cahaya dalam gelap pada tangan tersebut. Hasilnya, didapati butiran material cat itu terlihat pada tangan 10 orang lain di sekitarnya, bahkan ada di wajah tiga orang.

Ji-Xiang dkk menggunakan model dinamika fluida dalam studi yang mereka lakukan di toilet. Mereka mengamati, menyiram kloset menciptakan turbulensi kecil yang mengubah aliran udara dan menghasilkan pusaran yang terus naik ke udara melalui inersia.

Studi ini menyoroti risiko pembukaan kembali pusat-pusat keramaian di berbagai negara termasuk Amerika Serikat. Rekomendasi para peneliti ini adalah tutup kloset sebelum menyiramnya. ** Baca juga: Lewat Tanggal Kedaluwarsa, Masih Amankan Produk Makanan Dikonsumsi?

“Pusaran aliran udara juga muncul di zona udara di atas kursi toilet,” demikian tulis para peneliti.(ilj/bbs)

Berita Terbaru