oleh

Jangan Lupa Tutup Bukaan Toilet Sebelum Disiram

Kabar6-Hasil studi dari Florida Atlantic University merilis, flush toilet dan semprotan untuk urine dapat menghasilkan tetesan aerosol kecil yang bertahan dan dapat dihirup.

Tidak sekadar kotor, melansir Femalesia, tetesan ini berpotensi menyebarkan bakteri dan penyakit seperti Ebola dan COVID-19. Hasil ini didapatkan setelah para peneliti melakukan uji coba menggunakan lebih dari 100 flush.

“Setelah sekira tiga jam tes dengan menggunakan lebih dari 100 flush toilet, kami menemukan peningkatan substansial dalam tingkat aerosol yang diukur di lingkungan sekitar. Baik toilet dan urinoir menghasilkan tetesan dalam jumlah besar yang lebih kecil dari 3 mikrometer ukurannya, menimbulkan risiko penularan yang signifikan jika mengandung mikroorganisme menular,” Siddhartha Verma, salah satu penulis studi.

Hal senada juga disebutkan dalam Miami Herald, karena tetesannya sangat kecil maka dari itu droplet bisa bertahan di udara untuk sementara. Tim menemukan droplet bisa ada di ketinggian hingga lima kaki selama 20 detik atau lebih setelah flush.

Dikatakan lebih lanjut, menutup tutup toilet sebelum menyiram dikatakan bisa membantu untuk mengurangi resiko meskipun tidak banyak. Mengingat karena tetesan atau droplet keluar melalui celah antara tutup dan toilet.

Selain itu, risiko bisa juga berkurang jika toilet tersebut memiliki ventilasi yang baik. ** Baca juga: Singkirkan Obat Tidur, Ini Alternatif Penggantinya

Tapi jika tidak, maka toilet umum tersebut tak ubahnya berfungsi sebagai sarang penularan penyakit melalui udara.(ilj/bbs)

Berita Terbaru