oleh

Jangan Lupa Tambahkan 5 Bahan Makanan Sehat dalam Menu Harian Agar Kulit Tampak Awet Muda

Kabar6-Banyak cara dilakukan agar kulit wajah terlihat awet muda, termasuk juga meminimalisir kerutan yang mulai bermunculan. Selain melakukan perawatan pada dokter atau klinik kecantikan, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tertentu.

Sejumlah makanan yang tepat, dapat memberikan manfaat anti aging atau anti penuaan. Melansir beberapa sumber, ada lima bahan makanan yang dapat membantu kulit tampak awet muda. Apa sajakah itu?

1. Bluberi
Merupakan sumber vitamin C, serat, dan nutrisi yang sangat baik, serta mengandung antioksidan, berfungsi sebagai anti peradangan yang sangat bermanfaat. Selain melawan oksidasi penuaan, vitamin C dalam bluberi membantu meningkatkan perlindungan sel dan kesehatan kulit seiring bertambahnya usia.

2. Kenari
Sebuah studi baru menemukan, wanita yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan, terutama kenari, pada usia paruh baya cenderung menua dengan sehat, dibandingkan dengan mereka yang tidak makan kacang.

Menua dengan sehat di sini artinya tidak memiliki penyakit kronis, gangguan memori dan cacat fisik, serta kesehatan mental yang bermasalah setelah usia 65 tahun.

3. Kacang polong dan legum
Menurut seorang ahli diet bernama Wendy Bazilian RDN, kacang polong dan legum adalah penyumbang protein nabati yang signifikan, dan telah terbukti mengurangi risiko penyakit kronis utama serta meningkatkan kesehatan dan umur panjang.

Kedua jenis bahan makanan tadi penuh dengan fitonutrien, vitamin, mineral, serat yang membantu jantung dan usus, stabilitas gula darah, risiko kanker tertentu, pengelolaan berat badan yang sehat, dan masih banyak lagi.

4. Rempah-rempah
Pada dasarnya, bahan makanan ini membuat makanan yang sehat, seperti sayuran, ikan, dan sumber protein nabati, terasa lebih enak. Selain itu, rempah-rempah juga membantu Anda mengurangi garam dan gula, yang perlu dibatasi untuk mengurangi peradangan demi penuaan yang sehat.

Beberapa rempah yang bermanfaat sebagai anti penuaan adalah jahe (karena memiliki efek anti-inflamasi dan anti-mual), rosemary, kayu manis, kunyit (juga memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat), dan cabai merah. ** Baca juga: Bagaimana Atasi Perut Begah Setiap Usai Makan?

5. Buah pir
Sebuah penelitan membuktikan, di antara jenis buah-buahan sehat lainnya, buah pir mengandung lebih tinggi flavonol, yang dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan demensia dan Alzheimer.

Selain itu, menurut ahli diet bernama Amy R. Kweller, MS, RD, tekstur lembut buah pir juga dapat mengurangi keinginan makan berlebihan, serta kandungan serat tinggi yang baik untuk usus, kardiovaskular, dan memberikan manfaat anti penuaan untuk kesehatan secara keseluruhan seiring bertambahnya usia.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru