oleh

Jangan Lupa Matikan Lampu Saat Tidur

Kabar6-Sebagian orang tidur dalam kondisi lampu dalam kamar menyala. Selebihnya, merasa nyaman dan bisa tidur nyenyak jika lampu kamar dimatikan atau gelap. Lantas, mana yang lebih baik, tidur dalam kondisi lampu menyala atau lampu dimatikan?

Tidur dalam kondisi gelap atau mematikan lampu kamar akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Diketahui, paparan cahaya adalah faktor kunci yang mengatur tidur dan jam biologis tubuh.

Cahaya menjadi acuan jam biologis tubuh, karena cahaya yang diterima tubuh saat tidur dapat memberikan sinyal yang menunjukkan waktu-waktu tertentu bagi tubuh.

Paparan cahaya saat tidur bekerja dengan menstimulasi aliran sel saraf dari mata ke bagian dari otak. Mereka dapat mengontrol hormon, suhu tubuh, dan fungsi lainnya yang bertugas membuat Anda merasa mengantuk. Melansir halodoc, ada sejumlah efek positif apabila tidur dalam kondisi lampu dimatikan, yaitu:

1. Jaga kualitas tidur
Tidur di ruangan yang gelap memberikan sinyal pada tubuh yang menunjukkan bahwa ini adalah waktu tidur. Dengan begitu, tidur Anda pun jadi lebih berkualitas. Mata dan tubuh akan selalu merespon cahaya mulai dari pagi hingga sore, dan kondisi gelap saat malam.

Dengan mengatur paparan cahaya akan efektif untuk menjaga siklus sirkadian pada tubuh. Saat tidur dengan lampu menyala, otak mungkin tidak akan memproduksi hormon melatonin, sebab ia ‘bingung’ apakah kini waktu malam atau siang.

2. Kurang depresi
Studi terbaru dari Ohio State University mengungkapkan, tidur di ruangan yang terang lebih berisiko mengalami depresi dibandingkan tidur di ruangan yang gelap. Selain itu, gangguan tidur juga berkaitan erat dengan risiko depresi.

Pencahayaan redup di malam hari meningkatkan perubahan fisiologis yang menyebabkan depresi pada manusia. Hal ini dapat terjadi melalui ritme sirkadian yang terganggu atau penekanan melatonin.

3. Jaga kesehatan mata dan kulit
Tidur dengan pencahayaan yang redup akan meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dapat bermanfaat pada kesehatan kulit, termasuk di sekitar area mata. Kurang tidur bisa membuat kulit lebih mudah kusam, pucat, serta lebih cepat muncul kerutan. Selain itu, lingkaran hitam di bawah mata dan mata merah bisa terjadi karena kurang tidur.

4. Dukung kesehatan reproduksi
Paparan cahaya saat tidur di malam hari ternyata dapat mengganggu siklus menstruasi pada wanita. Paparan cahaya dan siklus tidur yang tidak teratur dapat mengganggu kesuburan baik pria atau wanita dari waktu ke waktu.

5. Kurangi risiko obesitas
Cahaya redup saat tidur di malam hari dapat mengatur ulang ritme fisik, seperti jadwal makan. Pada orang yang tidur dalam ruangan dengan cahaya terang cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi. ** Baca juga: Hobi Baca Buku Bisa Ungkap Kepribadian Seseorang

Jadi, jangan lupa matikan lampu kamar sebelum tidur, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru