oleh

Jangan Lupa Makan Usai Olahraga

Kabar6-Apa yang akan Anda lakukan usai berolahraga? Istirahat sebentar sebelum mandi atau makan sebelum membersihkan tubuh? Menurut Victor Self, direktur kreatif dan instruktur master di Flywheel Sports, makan dan minum dalam waktu satu jam usai olahraga, memaksimalkan manfaat penyembuhan dan mendapatkan kembali energi.

“Meskipun Anda mungkin kekurangan waktu dan mendapati diri Anda sesekali melewatkan kudapan setelah olahraga, asupan kalori dan nutrisi Anda secara keseluruhan harus mendukung tuntutan yang Anda lakukan pada tubuh Anda,” jelas Self

Jika Anda berolahraga di pagi hari khususnya dan kemudian tidak makan selama beberapa jam, tubuh tidak memiliki cadangan energi untuk digunakan, yang berarti akan memiliki energi rendah sampai Anda mendapatkan beberapa ‘bahan bakar’ untuk mendapatkan kekuatan melalui sisanya. Dikutip dari doktersehat, berikut adalah beberapa hal yang terjadi jika Anda kehabisan tenaga setelah berolahraga terlalu lama:

1. Gula darah rendah
Jika Anda berolahraga di pagi atau sore hari tanpa makan dan mengisi kembali dalam beberapa jam, ‘tubuh Anda akan menghemat energi’. Pertama, ia akan masuk ke sumber glikogen, yang digunakan tubuh untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Glikogen akan diganti saat Anda mengisi kembali sumber energi, tapi butuh waktu, jadi tubuh mungkin saja berubah sebentar.

Seiring otak mencoba menghemat energi, tubuh terpaksa memperlambat beberapa fungsinya. Jika otak kehabisan gula, ia tidak bisa langsung masuk ke sumber lain, jadi fungsinya menurun, oleh karena itu perasaan ringan, atau merasa pingsan, jika belum sempat makan sebentar.

2. Kerugian otot
Akhirnya, tubuh Anda kehabisan glikogen, kemudian harus beralih ke sumber energi yang kurang tersedia, seperti lemak atau jika tidak ada lemak di dalamnya otot. Jadi jika tubuh merendahkan otot yang digunakan untuk energi, Anda berpotensi kehilangan massa otot dan menjadi lebih lemah. Jika hanya berkeringat banyak, Anda mungkin juga kehilangan satu ton elektrolit, yang bisa menyebabkan kram otot.

3. Dehidrasi
Jika tidak makan atau minum, Anda akan tetap mengalami dehidrasi setelah berolahraga. Hanya berolahraga sendiri, bahkan dalam kondisi optimal (tidak panas yang ekstrem, misalnya) menyebabkan peningkatan keringat dan dehidrasi.

Jika Anda tidak mengganti cairan, itu akan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit, yang dapat menyebabkan aritmia jantung atau palpitasi pada kasus yang parah, karena tubuh membutuhkan elektrolit untuk fungsi jantung dan otot yang tepat. ** Baca juga: Ternyata Beberapa Hal Berikut Dapat Kurangi Energi Anda

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah tetap terhidrasi adalah dengan mengonsumsi cairab secukupnya. Jika Anda memiliki beberapa jam aktivitas dan gerakan yang tersisa di siang hari, Anda harus makan dan minum segera setelah energi terkuras.(ilj/bbs)

Berita Terbaru