oleh

Jangan Lakukan Ini Agar Ginjal Tetap Sehat

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urine, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urine.

Selain itu, ginjal juga membuang kelebihan air dalam tubuh. Itulah sebabnya, fungsi ginjal sangat penting bagi tubuh. Jika ginjal mengalami masalah, tentu akan mempengaruhi kesehatan tubuh.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan menjalankan pola hidup sehat. Apa saja yang harus dihindari agar ginjal tetap sehat? Dikutip dari Vemale, berikut uraiannya:

1. Sering tunda buang air kecil
Urine yang tertahan lama dalam kandung kemih dapat menyebabkan bakteri berkembang biak. Selain itu, menahan urine meningkatkan tekanan pada ginjal dan dapat menyebabkan gagal ginjal dan inkontinensia, yaitu kondisi di mana Anda tidak dapat mengontrol buang air kecil. Pasien kehilangan kontrol kandung kemih. Akibatnya, urine keluar tiba-tiba dan mereka harus menggunakan popok ketika mengalami penyakit ini.
   
2. Kurang konsumsi air putih
Menurut National Kidney Foundation, dalam top10homeremedies.com, orang dewasa yang sehat harus minum setidaknya 10-12 gelas setiap hari agar ginjal sehat dan tubuh terhidrasi dengan baik. Meskipun demikian, mengonsumsi terlalu banyak air juga tidak baik untuk kesehatan ginjal, karena akan membuat ginjal bekerja lebih keras.
   
3. Konsumsi garam berlebihan
Ginjal memetabolisme 95 persen natrium yang dikonsumsi melalui makanan. Ketika asupan garam tinggi, ginjal harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkan kelebihan garam.

Kondisi ini menyebabkan fungsi ginjal menurun dan retensi air dalam tubuh. Nah, retensi air dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit ginjal.
   
4. Konsumsi obat berlebihan
Penggunaan analgesik atau obat pereda nyeri yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa analgesik dapat mengurangi aliran darah ke ginjal dan memburuk fungsi ginjal.

Penggunaan jangka panjang obat-obatan analgesik dapat menyebabkan gagal ginjal akut atau penyakit ginjal kronis yang dikenal sebagai nefritis interstitial kronis. ** Baca juga: Alkohol Buruk Untuk Kesuburan Pria

Sayangi selalu ginjal Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru