oleh

Jangan Lagi Main Ponsel dalam Ruangan Gelap

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebagian orang sering mengecek kembali ponsel mereka sebelum tidur, dalam kondisi lampu kamar yang sudah dipadamkan. Namun tahukah Anda bahwa melihat layar gadget, terlebih dalam waktu lama dalam gelap, dapat memengaruhi kesehatan?

Dalam ruangan gelap, sinar biru yang dipancarkan layar ponsel menjadi lebih tajam. Tidak hanya mata, akibat buruk yang ditimbulkan oleh cahaya biru tersebut dapat mempengaruhi hormon melatonin, yaitu hormon yang membantu untuk tidur.

Mengapa Anda harus menghindari main ponsel dalam ruangan gelap? Dikutip dari tempo.co, berikut uraiannya:

1. Rusak retina
Layar telepon genggam memancarkan sinar biru atau blue light, yang digolongkan sebagai high-energy visible light (HEV), yaitu sinar tampak dengan panjang gelombang yang relative pendek (415–155 nanometer) dan tingkat energi tinggi.

Paparan langsung sinar biru kepada mata dapat menembus bagian luar mata hingga bagian dalam, sehingga menimbulkan efek jangka panjang berupa kerusakan pada retina.

Paparan sinar yang dikualifikasikan paling berbahaya untuk retina ini dapat meningkatkan resiko terkena degenerasi makula (penurunan ketajaman penglihatan) dan katarak.

2. Kurang tidur
Sinar biru juga bersifat supresif terhadap produksi melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus bangun dan tidur. Secara kimiawi, hormon melatonin menyebabkan rasa kantuk dan menurunkan suhu tubuh.

Produksi melatonin ini dapat dihambat oleh cahaya dan diinduksi oleh gelap. Memainkan gadget dalam gelap dapat menyebabkan penggunanya kesulitan tidur, sehingga timbul masalah lainnya seperti tidak stabilnya tekanan darah dan depresi.

3. Tingkatkan risiko kanker
Menatap layar ponsel dalam gelap secara terus menerus juga dapat menimbulkan risiko terkena kanker. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Cancer Prevention, paparan sinar biru akan meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita hingga 17 persen.

Para peneliti mengungkapkan bahwa hal tersebut disebabkan oleh cahaya biru yang menekan produksi melatonin (hormon yang juga berfungsi untuk ‘menidurkan’ sel-sel kanker) dan meningkatkan produksi hormon estrogen yang memicu kanker payudara.

4. Lemahkan otak
Paparan layar ponsel pada tubuh manusia secara terus menerus dapat mengakibatkan kurang tidur. Kondisi tersebut menimbulkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya melemahnya daya ingat.

Ketika tubuh tidak mendapat tidur yang cukup, konektivitas neuron di hippocampus (bagian sistem otak besar yang memerintah berbagai fungsi tubuh) akan melemah, sehingga daya ingat akan menurun. Selain daya ingat, kurang tidur juga dapat memengaruhi metabolisme tubuh dan aliran darah ke otak.

5. Tingkatkan risiko depresi
Sebagai efek lanjutan dari kurang tidur yang disebabkan oleh paparan sinar biru, pengguna ponsel dalam gelap akan memiliki risiko tinggi untuk mengidap depresi.

Hal ini karena sinar biru menekan produksi melatonin dan mengacaukan jam tidur, sehingga mempengaruhi bagian otak, yaitu amigdala yang berperan dalam mengatur emosi dan tingkat kecemasan seseorang. ** Baca juga: Mandi Sebelum Tidur Malam Bantu Anda Rileks

Jauhkan segala bentuk gangguan menjelang tidur, termasuk gadget, agar Anda mendapatkan tidur berkualitas dan terhindar dari penyakit yang berbahaya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru