oleh

Jangan Buang 5 Benda Ini ke Kloset

Kabar6-Mungkin Anda pernah melihat seseorang membuang tisu atau bahkan pembalut bekas pakai ke kloset. Padahal, kebiasaan itu akan mencemari lingkungan dan sumber air di dalam tanah, pada lingkungan sekitar Anda.

Benda apa saja yang jangan dibuang ke kloset? Melansir zona1000, ini lima benda yang dimaksud:

1. Popok bayi
Membuang popok bayi tak hanya dapat membuat saluran pembuangan tersumbat, tapi juga dapat membahayakan seluruh saluran pembuangan di sekitar tempat tinggal Anda.

Selain itu, bahan-bahan yang menyusun popok bayi juga tidak bisa terurai dengan mudah di dalam saluran pembuangan toilet, yang pada akhirnya akan menumpuk dan menyumbat saluran air tersebut.

2. Kondom
Kondom yang terbuat dari bahan latex merupakan racun bagi air dan tanaman. Jadi, membuang kondom ke dalam kloset tidak hanya mencemari air, tetapi juga tanaman di sekitar tempat tinggal Anda.

3. Kapas
Meskipun terlihat sepele, membuang kapas ke kloset dapat membuat saluran pembuangan tersumbat dan sulit sekali diatasi, yaitu dengan cara mengeluarkan semua kapas yang menyumbat saluran air tersebut secara manual.

4. Puntung rokok
Tak hanya menjijikkan, puntung rokok yang penuh dengan racun dapat berbahaya bagi tubuh. Sama seperti obat, bahan kimianya bisa meracuni air resapan dan menyebabkan polusi air resapan.

5. Kotoran hewan
Membuang kotoran hewan ke kloset sepertinya tidak berbahaya, akan tetapi bakteri yang terdapat di dalamnya dapat tertinggal di kloset, dan menginfeksi manusia bila tidak dibersihkan dengan benar. ** Baca juga: 6 Sayuran yang Ternyata Miliki Banyak Kandungan Protein

Mulailah pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan dan menghentikan kebiasaan buruk yang dapat merugikan kesehatan serta lingkungan sekitar Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru